> >

Kompolnas Dukung Kritik Jokowi Soal Kapolda dan Kapolres Baru yang Suka Sowan ke Ormas Bermasalah

Hukum | 4 Desember 2021, 10:38 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden diketahui mengkrtitik kapolda dan kapolres yang baru dilantik tapi malah menemui sesepuh ormas bermasalah. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) satu suara dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengkrtitik kapolda dan kapolres yang baru dilantik tapi malah sowan ke ormas bermasalah.

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menilai, pernyataan Jokowi tersebut sangatlah tepat dan semestinya menjadi perhatian bagi seluruh kapolda dan kapolres.

"Kami sangat mendukung arahan Presiden agar seluruh kapolda dan kapolres ketika baru dilantik tidak sowan-sowan ke sesepuh ormas-ormas yang sering ribut," kata Poengky kepada awak media, Jumat (3/12/2021).

"Arahan ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh," sambungnya.

Ia pun menegaskan bahwa tugas jajaran kepolisian itu melayani masyarakat, menegakkan hukum dan menjaga keamanan serta ketertiban.

Baca Juga: Reaksi Polda Metro Jaya Tanggapi Teguran Keras Jokowi Soal Polisi Sowan ke Ormas Pembuat Onar

Bukannya malah berkunjung ke sesepuh ormas biang keributan, yang justru kontraproduktif dengan tugas polisi tadi.

Karena, ia menilai, publik dapat melihat tabiat itu sebagai usaha polisi untuk memelihara hubungan yang baik dengan ormas pembuat onar.

"Masyarakat akan melihat polisi permisif (terbuka, red) dengan tindakan ormas yang sering membuat ribut dan wibawa polisi akan jatuh," kata Poengky.

"Di sisi lain, dari kaca mata ormas yang sering ribut, polisi akan dianggap membiarkan tindakan mereka dan hal ini melemahkan upaya penegakan hukum," imbuhnya.

Penulis : Aryo Sumbogo Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU