> >

Rentan Terhadap Covid-19, Menkes: Lansia Perlu Dipaksa Vaksin Secepatnya

Kesehatan | 1 Desember 2021, 22:22 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan perlu adanya sedikit pemaksaan terhadap kelompok lansia agar mau divaksin Covid-19. (Sumber: Tangkapan Layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan kelompok lanjut usia (lansia) perlu dipaksa untuk segera mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. 

Mengingat, kata Budi, hingga kini penyuntikan vaksin Covid-19 bagi kelompok lansia masih sulit dilakukan. 

Pernyataan tersebut disampaikan Menkes saat menjadi pembicara dalam Ganesha Policy Podcast Ep.1: "BGS, Kapan COVID-19 Berakhir?" yang disiarkan kanal YouTube Ikatan Alumni ITB, Rabu (1/12/2021).

"Harus dipaksa untuk lansia secepat-cepatnya (divaksin Covid-19), itu salah satu strateginya dan kita akan dorong itu lewat TNI-Polri, mungkin akan agak memaksa sedikit," kata Budi.

Langkah ini, kata dia, penting dilakukan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19, terlebih saat ini muncul virus Corona varian baru, yakni varian Omicron di sejumlah negara.

"Vaksinasi harus dipercepat, supaya membuat kita siap kalau misalnya masuk (gelombang ketiga Covid-19) imunitasnya sudah ada, terutama prioritasnya ke lansia di atas 60 tahun," tegasnya.

Menurut penjelasannya, dari total sekitar 20 juta jiwa lebih populasi lansia di Indonesia, cakupan vaksinasi Covid-19 yang tercapai sampai saat ini baru berkisar 11 juta jiwa.

Lebih lanjut dia mengatakan kelompok lansia paling rentan terhadap virus berbahaya itu.

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi Sadikin Beberkan 3 Bahaya Varian Omicron

Bahkan, Budi menyebut lansia berisiko tinggi meninggal dunia apabila terpapar Covid-19. Sehingga, percepatan vaksinasi lansia merupakan keniscayaan.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU