> >

Satgas Beber 4 Kunci Cegah Varian Omicron Masuk ke Indonesia

Kesehatan | 30 November 2021, 20:29 WIB

 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkap 4 kunci untuk mencegah varian Omicron masuk ke Indonesia. (Sumber: Dok. Humas BNPB)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memaparkan 4 kunci langkah mitigasi penyebaran varian baru Omicron (B.1.1.529).

Indonesia, kata Wiku, juga perlu mewaspadai dan mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19 yang pertama kali muncul di Afrika Selatan tersebut. 

"Kunci dari antisipasi ini, pertama mengkaji ulang kebijakan pembatasan pintu masuk negara," kata Wiku dalam telekonferensi pers di Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Seperti diketahui, pemerintah telah melarang sementara warga negara asing yang memiliki riwayat perjalanan ke sebelas negara dalam 14 hari terakhir, untuk masuk ke Indonesia.

Adapun sebelas negara yang dimaksud yakni, Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Eswatini, Mozambik, Malawi, Zambia, Zimbabwe, Angola, Namibia, dan Hong Kong.

Kunci kedua, lanjut dia, yakni dengan meningkatkan whole genome sequencing (WGS) untuk mendeteksi adanya varian Omicron.

Baca Juga: Satgas Sebut Penyintas Covid-19 Masih Berpotensi Terinfeksi Varian Omicron

"Ketiga memastikan mobilitas masyarakat dilakukan dengan aman. Keempat memasifkan tracing dan testing utamanya pada pelaku perjalanan luar negeri," ujarnya. 

Selain itu, Wiku juga menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan yang ketat secara disiplin, terlebih menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU