> >

Apa Itu Kanker Sarkoma Jantung? Kenali Gejala dan Penyebabnya

Kesehatan | 29 November 2021, 12:05 WIB
Perancang busana Virgil Abloh setelah berjuang melawan kanker langka bernama cardiac angiosarcoma alias sarkoma jantung. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kabar duka datang dari perancang busana kondang, Virgil Abloh, yang meninggal setelah berjuang melawan kanker langka bernama cardiac angiosarcoma alias sarkoma jantung.

Virgil Abloh meninggal di usia 41 tahun kemarin Minggu (28/11/2021). Dalam unggahan di akun Instagramnya yang mengumumkan kematiannya, dia didiagnosis dengan kanker yang langka dan agresif.

“Selama lebih dari dua tahun, Virgil dengan gagah berani berjuang melawan bentuk kanker yang langka dan agresif, cardiac angiosarcoma,” demikian pernyataan tersebut, dikutip Senin (29/11/2021).

Lantas, apa itu cardiac angiosarcoma alias sarkoma jantung?

Baca Juga: Perancang Busana Virgil Abloh Meninggal Dunia karena Kanker

Apa itu sarkoma jantung?

Melansir Hopkinsmedicine.org, Senin, sarkoma jantung adalah jenis tumor ganas (kanker) primer yang langka yang terjadi di jantung. Sarkoma jantung dapat menyebar ke organ lain.

Tumor ganas ini dapat terjadi di permukaan luar jantung, di dalam satu atau lebih ruang jantung (intracavitary), atau bahkan di dalam jaringan otot jantung.

Namun, sebagian besar sarkoma jantung terjadi di atrium kanan dan mengakibatkan obstruksi aliran masuk atau keluarnya darah.

Gejala sarkoma jantung

Gejala sarkoma jantung cukup bervariasi, tergantung lokasi tumor. Pada kasus sarkoma jantung yang terjadi di atrium kanan, obstruksi dapat menyebabkan gejala, seperti pembengkakan kaki, tungkai, pergelangan kaki, perut, hingga distensi vena leher.

Gejala tersebut dapat terjadi karena darah yang kembali ke jantung setelah melalui tubuh tidak dapat dengan mudah masuk atau dipompa keluar dari atrium kanan.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV/Hopkinsmedicine.org


TERBARU