> >

Pemerintah Kembali Tegaskan Seluruh Alun-Alun Tutup pada 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022

Peristiwa | 27 November 2021, 05:05 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro kembali ingatkan Pemda untuk menutup alun-alun pada 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.(Sumber: Dok. BNPB)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Reisa Broto Asmoro meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama Natal dan tahun baru (Nataru).

Reisa juga meminta seluruh pihak untuk dapat beradaptasi dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 tahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Adapun salah satu yang diatur dalam Inmendagri tersebut yakni terkait penutupan alun-alun di seluruh wilayah Tanah Air.

Reisa kemudian kembali mengingatkan kepada seluruh kepala daerah untuk dapat menutup alun-alun jelang dan pasca-pergantian tahun.

Pemerintah daerah (Pemda) pun diperintahkan merekayasa dan antisipasi aktivitas pedagang kaki lima di pusat keramaian agar tetap dapat menjaga jarak.

"Mendagri meminta Pemda untuk menutup semua alun-alun pada 31Desember hingga 1 Januari 2022, dan mengatur pedagang kaki lima di pusat keramaian agar tetap dapat jaga jarak," kata Reisa dalam konferensi pers virtual yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/11/2021).

Tak hanya itu, pemerintah juga melarang adanya kegiatan seni budaya dan olahraga mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Sementara Satpol PP, Badan Penanggulanggan Bencana Daerah (BPBD), serta Pemadam Kebakaran, kata dia, diminta  untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan keterlibatan aktif dalam mencegah dan mengatasi aktifitas publik yang dapat mengganggu ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Baca Juga: Survei Polri: 70 Persen Masyarakat Tetap Ingin Mudik saat Natal dan Tahun Baru

"Mencegah dan mengatasi aktivitas berkumpul, berkerumunnya massa di fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, fasilitas hiburan, restauran, tempat wisata serta fasilitas ibadah selama periode libur Nataru," ujarnya. 

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU