> >

Waspada 5 Daerah Ini Terdapat Kenaikan Kasus Aktif dan Positif Covid-19, DKI Jakarta Termasuk

Update corona | 9 November 2021, 19:39 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito menyatakan penyintas Covid-19 dan panitia yang terlibat dalam ajang Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua harus melakukan RT-PCR dua kali dan menjalani karantina selama 5 hari. (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satgas Covid-19 mencatat terdapat penurunan 12,2 persen kasus Covid-19 di Indonesia.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan menjelaskan pada periode 1 hingga 7 November 2021, terdapat penurunan kasus 12,2 persen dibandingkan minggu lalu. 

Menurut Wiku penurunan kasus mingguan ini sudah yang ke 16 kali berturut-turut sejak puncak kasus kedua pada Juli 2021 lalu.

Namun sayangnya ada 5 provinsi yang mencatatkan kasus positif tertinggi jika dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Baca Juga: Update Corona Indonesia 9 November 2021: 434 Kasus Positif, 585 Orang Sembuh, 21 Meninggal Dunia

Kelima provinsi tersebut yakni, Papua Barat naik 100 kasus, DI Yogyakarta naik 77 kasus, DKI Jakarta naik 46 kasus, Sulawesi Tenggara naik 5 kasus dan Kepulauan Bangka Belitung naik 5 kasus.

Wiku menyatakan meski penambahan ini terbilang sedikit namun, harus dicemati karena terhintung besar jika dibandingkan dengan provinsi lain yang tidak mengalami kenaikan kasus.

"Mohon kepada seluruh gubernur kelima provinsi yang naik minggu ini untuk segera berkoordinasi dengan bupati dan wali kota di bawahnya untuk mengantisipasi adanya kenaikan kasus di minggu berikutnya, dan terus melakukan pencegahan Covid-19 di wilayahnya," ujar Wiku saat jumpa pers, Selasa (9/11/2021).

Wiku menambahkan dalam minggu ini juga mencatat penurunan kasus kematian yang lebih rendah dari penurunan angka kasus positif, yaitu turun 31,7 persen. 

Baca Juga: Dorong Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov DKI Gelar Jakarta Investment Forum 2021

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU