> >

Satgas Ingatkan Masyarakat Waspada dan Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19 di Akhir Tahun

Sosial | 30 September 2021, 23:45 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan seluruh pihak untuk mewaspadai dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya gelombang ketiga Covid-19 di Tanah Air.

Pernyataan Wiku tersebut merujuk pada gelombang ketiga penularan Covid-19 yang terjadi di berbagai negara, serta pola kenaikan kasus di Indonesia setelah acara-acara besar. 

Sebab itu, masyarakat diminta untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) terutama menjelang periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. 

"Dengan adanya lonjakan (gelombang) ketiga yang dihadapi berbagai negara di dunia, serta melihat dari pola kenaikan kasus setelah event-event besar di Indonesia kita tetap perlu waspada dan mengantisipasi lonjakan ketiga di Indonesia," kata Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (30/9/2021). 

Dia menambahkan, adanya pembatasan mobilitas dan kegiatan sosial ekonomi yang mulai dilonggarkan perlahan menjadi kekuatan yang dapat berubah jadi tantangan apabila tidak dibarengi dengan penerapan prokes yang ketat.

"Dengan adanya wacana memberikan izin pada kegiatan-kegiatan besar ditambah saat ini segera masuk periode Natal dan tahun baru, kehati-hatian dalam menjalani aktivitas perlu jadi modal dasar kita," ujarnya menegaskan.

Menurutnya, berangkat dari pola sebelumnya, kasus Covid-19 di Indonesia mulai turun setelah pembatasan dilakukan, baik pembatasan mobilitas maupun kegiatan sosial.

Baca Juga: Jubir Satgas Covid-19 Sebut Indonesia Tengah Bersiap Menuju Endemi Covid-19

Namun, begitu kasus turun dan pembatasan mulai dilonggarkan, kasus Covid-19 akan meningkat perlahan.

"Hal ini menunjukkan bahwa upaya kita untuk menjaga prokes 3M belum maksimal dan belum dapat menjadi faktor utama penurunan Covid-19," ungkapnya. 

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU