> >

Mengenal Kabel Jasuka yang Membuat Jaringan Telkomsel & Indihome Jadi Ambyar

Viral | 20 September 2021, 16:37 WIB
Ilustrasi: logo Telkomsel. (Sumber: Reska K. Nistanto/KOMPAS.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Jaringan internet Telkom dilaporkan mengalami gangguan pada Minggu (19/9/2021) sore.

Melansir dari Kompas.com,  Senin (20/9/2021) Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan sumber gangguan berasal dari sistem komunikasi kabel laut.

Katanya, kabel Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) di ruas Batam-Pontianak. Gangguan teridentifiksi terjadi pada Minggu pukul 17.33 WIB. Lebih rinci, Pujo menjelaskan bahwa gangguan ada di titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

Menurut Pujo, pihak Telkom segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia.

Baca Juga: Ada Gangguan Teknis Internet IndiHome dan Telkomsel, Ini Penyebabnya

"Seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado," jelas Pujo.

Sementara itu dikutip dari laman Submarine Cable Map, Senin (20/9), kabel laut Jasuka memiliki panjang 10.860 km. Ada 17 titik pendaratan (landing points) yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, serta Malaysia.

Titik-titik itu ada di Bandar Lampung, Batam, Baturaja, Dumai, Jakarta, Jambi, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Rantu Prapat, Sibolga, Tanjung Pakis, Tanjung Pandan, Teping Tinggi, dan Bandar Bukit Tinggi di Malaysia.

Sistem kabel laut ini mulai dibangun tahun 2009 dan rampung di tahun 2011. Telkom membangun infrastruktur ini dalam upaya meningkatkan jangkauan telekomunikasi hingga 90 persen di wilayah Indonesia pada tahun 2015.

David Bangun, Executive General Manager Telecommunication Infrastructure Division Telkom pada waktu itu mengatakan infrastruktur ini adalah bagian dari visi jangka panjang Nusantara Super Highway.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU