> >

Saksi Sebut Azis Syamsuddin Adalah Bapak Angkat Eks Penyidik KPK Robin Pattuju

Peristiwa | 20 September 2021, 16:15 WIB
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS. TV – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi melanjutkan sidang kasus dugaan suap eks penyidik Komisi pemberantasan Korupsi Stepanus  Robin Pattuju dengan agenda pemeriksaan saksi.

Dalam sidang itu, salah satu saksi bernama Agus Susanto menyebutkan bahwa Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin merupakan bapak asuh Robin Pattuju.

"Saya pernah mengantar Pak Stepanus Robin ke kediaman bapak asuh beliau, ke Lapas Tangerang dan lapas Sukamiskin. Bapak asuh beliau Pak Azis Syamsuddin," kata Agus Susanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin, (20/9/2021), seperti dikutip dari ANTARA.

Saksi Agus,  merupakan anggota Polri tahun 2002—2011. Dia mengaku mengenal Robin sejak 2018. Pada 2020, Robin menjadikan Agus sebagai sopirnya.

Baca Juga: Kasus Suap Seret Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin - Opini Budiman


Agus menceritakan sejak menjadi sopir bagi Robin, dia sering mengunjungi Lapas Sukamiskin Bandung untuk bertemu bos PT Gloria Karsa Radian Azhar. Radian Azhar sendiri telah divonis 1 tahun 6 bulan penjara karena terbukti bersalah menyuap Kepala lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husen.

“Kalau ke lapas Sukamiskin tiga kali bertemu dengan pak Radian Azhar, ada urusan bisnis,” katanya.

Selain itu, kata Agus,  Robin juga sering mengunjungi Mantan Bupati Kutai Kertanegara Rita Widyasari di Lapas Perempuan tangerang.  

“Lalu ke Lapas Perempuan Tangerang lebih dari  tiga kali untuk bertemu dengan Bu Rita Widyasari," kata Agus.

Rita Widyasari disebut dalam dakwaan, memberikan uang kepada Robin Pattuju sekitar Rp 5 miliar.

Baca Juga: ICW soal Azis Syamsuddin Belum Tersangka: KPK Lebih Banyak Kompromi


Selain itu, Agus juga pernah mengantar Robin untuk bertemu dengan eks Bupati Cimahi  Ajay Muhammad Priatna di Hotel Tree House serta bertemu dengan Direktur PT Tenjo Jaya Usman Effendi di salah satu tempat makan di puncak.

Penulis : Vidi Batlolone Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU