> >

Wakil Ketua MPR Fraksi PDIP: Apakah Mundurnya Menkumham Akan Menyelesaikan Masalah di Lapas?

Politik | 10 September 2021, 10:34 WIB

 

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah memberikan keterangan pers seputar acara peringatan HUT ke-44 PDI Perjuangan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (9/1/2017). (Sumber: KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)

JAKARTA, KOMPAS TV – Wakil Ketua MPR RI Fraksi PDIP Ahmad Basarah meminta kepada semua pihak untuk tak mempolitisasi musibah kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten.

Ia tak setuju dengan narasi-narasi yang meminta Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mundur dari jabatannya. 

Menurut dia, dengan menyoroti aspek politik, maka itu menunjukkan kalau masyarakat Indonesia kian tipis rasa empatinya.

Sebab, peristiwa itu merenggut nyawa puluhan narapidana yang sedang menjalani hukuman di balik jeruji besi.

"Apakah dengan mundurnya Menkumham lalu semua masalah di lingkungan Lapas yang sudah berlarut-larut sejak puluhan tahun lalu akan dapat terselesaikan?" kata Ahmad seperti dikutip dari laman mpr.go.id, Jumat (10/9/2021). 

Baca Juga: Dirjen Pemasyarakatan Diminta Mundur Sebagai Pertanggungjawaban Tragedi Kebakaran Lapas

Ia menyebut, bangunan yang terbakar itu sudah berusia tua. Termasuk instalasi listrik yang belum pernah dibenahi sejak lapas itu berdiri tahun 1972. 

Kemudian, jumlah penghuninya yang melebihi kapasitas, yaitu 2.072 orang. Padahal jumlah seharusnya maksimum 600 orang, juga menjadi permasalahan di sana.

"Berdasarkan fakta-fakta sementara itu, wajar jika banyak korban tewas atau terluka. Berlebihan dan tidak elok jika kasus ini dijadikan komoditas politik praktis untuk mengganti jabatan Menkumham," ujarnya. 

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV/mpr.go.id


TERBARU