> >

Dokter: Kecacatan Akibat Stroke Bisa Dicegah dengan Metode FAST

Kesehatan | 9 September 2021, 16:05 WIB
ILUSTRASI: Cacat Akibat Stroke (Sumber: Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Stroke dapat menyebabkan seseorang mengalami kecacatan sebagian bahkan seluruh tubuh. Tindakan cepat dan sedini mungkin harus dilakukan untuk mencegah hal itu terjadi. 

Salah satu tindakan cepat yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan kecacatan adalah dengan metode FAST (Face, Arm, Speech, Time).

Direktur Utama RS Pusat Otak Nasional (PON) dr. Mursyid Bustami, Sp. S(K) mengatakan stroke itu terjadi secara mendadak, jadi tidak ada stroke yang pelan-pelan.

“Jadi orang lagi beraktifitas juga tiba-tiba tangannya lemah sebelah, tiba-tiba ngomongnya tidak benar, wajahnya kok turun sebelah gitu,” katanya dikutip dari sehatnegeriku.kemenkes.go.id, Kamis (9/9/2021).

Tindakan cepat harus segara dilakukan dengan membawa penderita ke rumah sakit. Untuk mengenali gejala awal masyarakat dapat menggunakan metode FAST (Face, Arm, Speech, Time).

Baca Juga: Kopi Berpotensi Turunkan Risiko Kematian akibat Stroke dan Penyakit Jantung

dr. Mursyid menjelaskan, Face merupakan gejala yang dilihat dari wajah seseorang yang tampak tidak normal seperti turun sebelah dan tidak simetris.

Adapun Arm, gejala stroke yang dilihat dari lengan penderita menjadi lemah. Jika lengan itu diangkat maka tingginya tidak sama dengan lengan satunya.

Speech, gejala stroke dilihat dari cara bicara penderita yang menjadi sulit, tidak jelas, atau bahkan tidak bisa bicara.

Sedang Time, metode terakhir setelah tiga metode sebelumnya terindikasi pada penderita, maka sudah waktunya membawa penderita ke rumah sakit.

Penulis : Hedi Basri Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU