> >

Meme Viral Polemik Syarat Fotokopi KTP Untuk Vaksinasi, Ini Kata Kemenkes

Viral | 30 Juli 2021, 00:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Sempat beredar viral netizen mempertanyakan sulitnya birokrasi untuk mengikuti vaksinasi dengan fotokopi KTP.

Lalu tak sedikit netizen yang menanyakan fungsi dari data KTP Elektronik.

Mengutip akun penulis @SoeTjenMarching yang menulis di Twitter bahwa jika ada yang ingin divaksin, sebaiknya jangan dipersulit dengan birokrasi.

“Seharusnya bila ada yg datang untuk divaksin, jangan dipersukar dengan birokrasi. Keadaan sudah gawat. Bila surat identitas hilang, dulukan keselamatan warga. PRT kakak saya membawa KTP lama (KTP baru hilang) tp ditolak. Tak lama kemudian dia tertular Covid dari suaminya & meninggal.” tulis akun@SoeTjenMarching.

Beberapa balasan netizen juga mengalami hal sama.

“Kemaren ibu saya 63th, budhe 65th, pakde 72th dateng untuk vaksin, sudah screening, isi form, pas mau suntik disuruh pulang lagi gara2 gak bawa fotokopi KTP, padahal bawa KTPasli, sudah minta tolong ngomong baik2 tetep ditolak suruh pulang karena sudah jam 5 sore.”tulis akun @amirawulan.

Berikutnya muncul candaan dari netizen lewat grup whatsapp berupa video dengan bahasa jawa.

“Si Edi Gondrong Mau vaksin nggak bisa, gara-gara nggak punya KTP. Kemarinnya, mau bikin KTP, nggak bisa gara-gara belum vaksin, sekarang gila orangnya,”ucap pria tersebut.

Menanggapi komentar netizen atas polemik fotokopi KTP untuk vaksinasi, ditanggapi Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes.

“Prinsipnya harus membawa identitas kita, yaitu KTP. Kalau syarat lain bisa ditanyakan ke penyelenggaranya. Selama NIK-nya sama, seharusnya tidak masalah,”tegas Siti Nadia Tarmizi, dikutip dari Kompas.com Sabtu (24/7/2021)

Video Editor: Lisa

Penulis : Yuilyana

Sumber : Kompas TV


TERBARU