> >

Setuju Isolasi di Hotel, Anggota DPR Tak Punya Kepedulian di Situasi Pandemi Covid-19, Kata Pengamat

Berita utama | 28 Juli 2021, 14:52 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri. (Sumber: Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 sudah secara gamblang menunjukkan ketidakpeduliaannya kepada masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19.

Bagi Pengamat Politik dari Formappi Lucius Karius, ketidakpedulian Anggota DPR tentu saja menyakitkan bagi rakyat Indonesia.

Demikian Lucius Karius mengkritisi respons DPR yang membenarkan fasilitas khusus untuk kebijakan isolasi mandiri di hotel.

“Ketidakpedulian anggota DPR tentu saja menyakitkan rakyat karena terjadi pada saat-saat kritis, momen dimana solidaritas menjadi sangat penting untuk diperlihatkan,” kata Lucius Karius, Rabu (28/7/2021).

Bagi Lucius, apapun alasan DPR untuk membenarkan kebijakan isolasi mandiri di hotel tetap saja sulit diterima. Respons DPR yang menyetujui, kata Lucius, mencerminkan Anggota DPR membedakan diri dengan warga negara pada umumnya.

Baca Juga: Politikus PPP Tak Setuju Pemberian Fasilitas Hotel Bintang 3 ke Wakil Rakyat yang Isolasi Mandiri

“Apalagi jika pembenaran untuk pemberian fasilitas itu karena mengikuti petunjuk Dirjen perbendaharaan negara,” ujarnya.

“Konyol ketika DPR justru menelan mentah-mentah kebijakan yang hampir pasti akan menyudutkan mereka dan jelas-jelas menggerogoti citra mereka di depan publik,” tambahnya.

Lucius mengatakan, Anggota DPR semestinya dengan kewenangan yang dimilikinya mengontrol kebijakan pemerintah.

“Kebijakan pemerintah yang mengizinkan pemberian fasilitas khusus kepada mereka, seharusnya menjadi hal yang harus dikritisi dan jika perlu menggunakan hak-hak istimewa mereka untuk membatalkan kebijakan tersebut,” dia menegaskan.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU