> >

Presiden Jokowi Minta Para Menteri Kurangi Beban Masyarakat Terdampak Covid-19

Peristiwa | 26 Juli 2021, 07:30 WIB
Presiden Jokowi memberikan arahan saat rapat terbatas evaluasi PPKM darurat 16 Juli 2021, Sabtu (17/7/2021). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo menginstruksikan menteri-menteri terkait untuk mengurangi beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi tentang perkembangan terkini Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Minggu (25/7/2021).

“Saya minta kepada para menteri terkait juga segera melakukan langkah-langkah maksimal untuk membagikan vitamin suplemen,” kata Presiden Jokowi.

“Memberikan dukungan pengobatan obat-obatan dan konsultasi dokter terhadap isolasi mandiri serta dukungan pengobatan di rumah sakit,” tambahnya.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi juga menginstruksikan menteri-menteri dan jajaran terkaitnya untuk menekan angka kematian yang disebabkan Covid-19.

Terutama di daerah dengan angka kematian tinggi dengan cara meningkatkan kapasitas rumah sakit hingga ketersediaan oksigen.

Baca Juga: PPKM Kembali Diperpanjang, Ini Daftar Usaha yang Boleh Dibuka hingga 2 Agustus 2021

“Angka kematian harus ditekan maksimal mungkin, untuk daerah-daerah yang memiliki angka kematian yang tinggi,” ujarnya.

“Peningkatan kapasitas rumah sakit isolasi terpusat dan juga ketersediaan oksigen perlu ditingkatkan segera,” tambahnya.

Presiden Jokowi mengimbau agar seluruh masyarakat untuk selalu waspada dalam menyikapi pandemi Covid-19. Sebab, lanjut Presiden Jokowi, kemungkinan dunia akan menghadapi varian lain yang bisa menular dibanding yang sudah ada.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU