> >

Survei: Elektabilitas Prabowo Kalah Sama Ganjar tapi Menang dari Anies

Politik | 3 Juli 2021, 19:35 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Lembaga survei Voxpol Center baru-baru ini melakukan survei terhadap elektabilitas tokoh nasional.

Ada beberapa nama yang dilempar ke 1.200 responden, mulai dari Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo sampai ke Agus Harimurti Yudhoyono.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menjelaskan hasil survei yang dilakukan pada 22 Juni hingga 1 Juli 2021 menyatakan elektabilitas Prabowo Subianto berada pada angka 18,9 persen.

Baca Juga: Survei Voxpol Center: 73,7% Pemilih Tolak Wacana Jokowi Presiden 3 Periode

Prabowo berada di posisi kedua di bawah Ganjar Pranowo yang memperoleh angka 19,2 persen.

Pada posisi ketiga ada nama Anies Baswedan dengan memperoleh 14,1 persen, Sandiaga Uno 8,3 persen, Ridwan Kamil 5,8 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 5,4 persen, sisanya nama-nama lain yang angka elektabilitasnya berada di bawah 5 persen.

Menurut Pangi hasil survei ini menunjukkan menjelaskan lapangan politik dari segi elektabilitas masih terlihat datar.

Belum ada kandidat calon presiden dengan elektabilitas yang cukup meyakinkan setelah petahana tidak bisa lagi mencalonkan diri.

Baca Juga: Survei SMRC: Responden yang Tak Puas Kinerja Jokowi Dukung Prabowo dan Anies Jadi Calon Presiden

“Prabowo Subianto yang sudah berkali-kali maju sebagai calon presiden, dalam model pertanyaan tertutup elektabilitasnya hanya berada pada angka 18,9 persen,” ujar Pangi dalam rilis hasil survei Voxpol Center, Sabtu (3/7/2021).

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU