> >

Masyarakat Diminta Ikut Tekan Lonjakan Covid-19, Salah Satunya Berlaku Jujur Jika Alami Gejala Covid

Update corona | 1 Juli 2021, 08:25 WIB
Prajurit Marinir ikut serta melakukan sosialisai penggunaan masker dalam Pengamanan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (Pam-PPKM) di Pasar Tanah Abang, Minggu (2/5/2021). (Sumber: Dispen Kormar (Jakarta))

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelsakan  bahwa jika terpapar, mengalami gejala Covid-19 atau memiliki kerabat yang terpapar, jujurlah dengan segera melapor kepada ketua RT setempat agar segera ditindaklanjuti oleh Puskesmas.

"Jangan khawatir jika petugas tracing datang untuk melacak kontak erat, dan jangan takut di-swab karena hal ini perlu dilakukan agar kasus positif ditangani dengan cepat sehingga tidak bertambah parah,” jelas Wiku dikuti dari laman resmi Satgas Penanganan Covid-19, Kamis (1/7/2021)

Lebih lanjut, Wiku pun tak kunjung bosan mengimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan. Jangan lengah dan abai, serta merasa aman karena sudah divaksin.

Meski sebagian sudah melakukan vaksinasi, tambah Wiku, tapi kekebalan komunitas baru dapat tercapai apabila vaksinasi telah mencakup 70 persen populasi.

Baca Juga: Bupati PPU Tidak Mau Lagi Terlibat Penanganan Covid-19

Selanjutnya, masyarakat juga dapat ikut menyebarluaskan edukasi terkait Covid-19 kepada orang sekitar.

Hal tersebut penting, kata Wiku, karena terdapat berbagai isu yang masih perlu diedukasi dengan baik kepada masyarakat seperti penggunaan masker yang benar, pentingnya menjaga jarak, dan masih banyak masyarakat yang takut untuk divaksin.

“Akseslah informasi Covid-19 yang valid dan terpercaya dari kanal resmi Satgas Covid-19, kementerian/lembaga terkait serta kanal edukasi lainnya, dan pastikan informasi yang disampaikan terkonfirmasi kebenarannya dan bukan hoax,” pungkas Wiku.

Menurut Wiku, dalam situasi yang sulit ini, gotong royong dan bahu membahu untuk memperbaiki keadaan sangat penting.

Jangan saling menyalahkan, karena penanganan Covid-19 yang efektif akan tercapai apabila seluruh elemen masyarakat dan pemerintah kompak dan saling membantu merumuskan strategi penanganan yang terbaik.

Penulis : Hedi Basri Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU