> >

Jokowi Sebut 5 Kompetensi Ini Harus Dimiliki Para Lulusan Perguruan Tinggi

Peristiwa | 15 Juni 2021, 14:37 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki para lulusan perguruan negeri. 

Hal ini disampaikan Jokowi dalam dialognya bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim dalam Festival Kampus Merdeka, Selasa (15/6/2021). 

Pertama, Jokowi berharap para lulusan perguruan tinggi memiliki dedikasi yang kuat untuk kemajuan bangsa, kemanusiaan, serta toleransi dalam kebhinekaan.

"Itu watak yang tidak boleh ditawar," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Kemendikbud RI, Selasa. 

Kedua para alumni perguruan tinggi harus memiliki karakter dan kemampuan pembelajar yang kuat. Selalu ada keinginan untuk belajar sesuatu hal yang baru.

"Hal ini sangat penting, karena masa depan itu akan penuh dengan disrupsi, akan penuh dengan perubahan-perubahan yang besar. Kita tahu ini perubahan cepat sekali, bahkan penuh dengan kompetisi tanpa belajar terus-menerus," tegas Jokowi.

Jika tidak memiliki kemampuan belajar yang kuat, Jokowi menilai lulusan perguruan tinggi akan tertinggal oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang memiliki perkembangan sangat pesat.

Baca Juga: Gandeng TNI Polri, Jokowi Targetkan 1 Juta Vaksinasi Per Hari Mulai Juli

Kompetensi selanjutnya, lanjut dia yakni mereka diharapkan tidak hanya mempunyai kemampuan akademik, tetapi juga memiliki kemampuan inovasi yang kuat serta mampu menjadi problem solver terhadap masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat, 

"Karyanya bukan hanya karya ilmiah, tetapi juga karya yang memecahkan masalah sosial melalui pemanfaatan teknologi, melalui inovasi dan juga kewirausahaan," jelas Jokowi. 

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU