> >

Koordinator Pungli di Tanjung Priok Punya Sepatu Bola Seharga Rp2,7 Juta, Tiap Hari Dapat Rp150 Ribu

Kriminal | 12 Juni 2021, 18:18 WIB
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok. (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepolisian kembali menangkap pelaku pungli yang beraksi di kawasan Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta Utara. Pelaku pungli yang ditangkap Polres Pelabuhan Tanjung Priok ini bernama Ahmad Zainul Arifin (39).

Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, salah satunya sepatu bola merek Adidas seharga Rp2,7 juta.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana menjelaskan penangkapan AZA ini merupakan pengembangan dari tujuh pelaku pungli yang ditangkap Jumat (11/6/2021).

Baca Juga: Polisi Tangkap Bos Pelaku Pungli di JICT Tanjung Priok

Tersangka AZA merupakan koordinator pengawas atau supervisor dari tujuh pelaku pungli. AZA berstatus sebagai karyawan outsourcing JICT.

Menurut Putu sebagai supervisor, tersangka memiliki kewenangan untuk memerintahkan para operator crane memilih truk yang akan dibongkar muat lebih dulu.

Setiap hari pelaku AZA dapat mengantongi Rp100 hingga Rp150 ribu dari hasil pungli. Uang yang diminta dari para korban besarannya beragam mulai dari Rp2.000 hingga Rp20 ribu.

Baca Juga: Koordinator Pungli Tanjung Priok Ditangkap, Polisi Sita Uang dan Sepatu Bola

Putu menjelaskan uang hasil pungli tersebut digunakan untuk membeli keperluan pribadi, salah satunya sepatu bola seharga Rp2,7 Juta.

“Modus punglinya meletakkan kantong plastik atau botol air mineral," ujar Putu dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/6/2021).

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU