> >

Keutamaan Membaca Al-Qur an Beserta Dalilnya

Agama | 21 April 2021, 02:10 WIB
Ilustrasi Membaca Al-Quran (Sumber: Unsplash)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Salah satu Keistimewaan bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengisi bulan Ramadan dengan banyak membaca Al-Qur’an. Tak semata mengabadikan konteks waktu diturunkannya Al-Qur’an, namun juga ladang amal kebaikan.

Mengutip dari laman Kemenag, Syekhul Islam Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf An-Nawawi dalam kitabnya, Riyaadhus-Shaalihiin, membuat bab khusus tentang Keutamaan Membaca Al-Qur'an, di antaranya:

Pertama, Al-Qur’an akan menjadi syafaat atau penolong di hari kiamat untuk para pembacanya.

Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

Baca juga: Tips Khatamkan Qur an Selama Ramadan Versi Kemenag

Kedua, orang yang mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an merupakan sebaik-baik manusia.

Dari Usman bin Affan ra, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi).

Ketiga, untuk orang-orang yang mahir membaca Al-Qur’an, maka kelak ia akan bersama para malaikat-Nya;

Dari Aisyah ra, berkata; bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah.” (HR. Bukhari Muslim);

Penulis : Baitur Rohman Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU