> >

Effendi Gazali Jelaskan Keterlibatannya di Kasus Bansos Juliari Batubara

Hukum | 25 Maret 2021, 22:20 WIB
Pengamat Komunikasi Politik Universitas Indonesia (UI) Effendi Gazali saat berbincang di program kamar Rosi, Kompas TV (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pengamat Komunikasi Politik Universitas Indonesia (UI) Effendi Gazali diperiksa KPK terkait kasus Bansos yang menyeret mantan Menteri Sosial Juliari Batubara.

Effendi diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Matheus Joko Santoso.

Termasuk mengkonfirmasi dugaan keterlibatannya dalam proyek pengadaan Bansos yang dilakukan oleh CV Hasil Bumi Nusantara.

Baca Juga: Effendi Gazali Penuhi Panggilan KPK Terkait Korupsi Bansos Covid-19, Ini Penjelasannya

Usai menjalani pemeriksan, Effendi menyatakan dirinya tidak memiliki kaitan dengan proyek Bansos di Kementerian Sosial.

Ia juga tidak mengenal pemilik atau pihak CV Hasil Bumi Nusantara. Dengan tegas Effendi menyatakan dirinya tidak keberatan jika harus berhadapan langsung dengan CV Hasil Bumi Nusantara.

“Saya sudah dipanggil tidak terbukti, tidak ada hubungan dengan CV atau PT apalah itu. Saya tidak pernah menerima aliran dana,” ujarnya di gedung KPK, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Lebih lanjut Effendi menjelaskan, pemeriksaan dirinya lebih kepada seminar eksekutif hasil penelitian Bansos Covid-19 yang dilaksanakan pada 23 Juli 2020.

Baca Juga: Terdakwa Suap Bansos Juliari Batubara Menyebut Kader PDIP Sering ke Ruangannya

Saat itu, seminar dilakukan untuk menstimulasi penyusunan kebijakan publik bidang kesejahteraan sosial khususnya dalam penanganan pandemi darurat Covid-19.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU