> >

Catat! Segini Kebutuhan Al Quran di Indonesia Setiap Tahun

Agama | 18 Maret 2021, 10:55 WIB
Ilustrasi membaca Al Quran. (Sumber: KOMPAS.com/Daspriani Y Zamzami)

SOLO, KOMPAS.TV- Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas umat Islam  terbesar di dunia. Hal ini pun berimbas pada banyaknya kebutuhan Al Quran di Tanah Air. 

Sekarang, tahukah Anda seberapa banyak kebutuhan kitab suci umat Islam itu di Indonesia selama satu tahun? 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tahu jawabannya. Menurut Gus Yaqut, biasa dia disapa, kebutuhan Al Quran di Indonesia saat ini adalah 5 juta eksemplar per tahun.

Sayangnya ternyata hal tersebut tidak sebanding dengan kemampuan Unit Percetakan Al Quran (UPQ) Kementerian Agama (Kemenag). 

Baca Juga: Bikin Kagum Netizen, Pemeran Rendy Sinetron Ikatan Cinta Suka Baca Al Quran di Sela Syuting

"Saat ini kebutuhan Al Quran di Indonesia mencapai 5 juta eksemplar per tahun. Sementara kemampuan UPQ Kemenag baru 1 juta per tahun," ujar Yaqut dikutip dari situs resmi Kemenag, Selasa (16/3/2021).

Bersamaan dengan kebutuhan itu, Kemenag menerima wakaf 5.000 Al Quran yang diberikan China-Indonesia Management Association (CIMA).

Wakaf Al Quran tersebut disampaikan secara simbolis oleh Chairman CIMA Arif Harsono di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Oleh karena itu, Kemenag pun menyambut baik adanya wakaf Al Quran tersebut untuk digunakan umat.

"Jadi keterlibatan dan peran serta masyarakat untuk berupaya menyediakan Al Quran tentu saja amat bermanfaat," kata Gus Yaqut.

Penulis : Gading Persada Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU