> >

Mengenal Clara Zetkin, Pelopor dan Tokoh di Balik Hari Perempuan Internasional

Sosial | 8 Maret 2021, 12:15 WIB
Clara Zetkin, pelopor Hari Perempuan Internasional. (Sumber: Kolase Wikipedia)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day (IWD) yang diperingati setiap tanggal 8 Maret tak bisa dipisahkan dari sosok Clara Zetkin.

Clara Zetkin merupakan sosok di balik Hari Perempuan Internasional yang menjadi pencetus ide diadakannya Konferensi Buruh Wanita Internasional jilid dua di Kopenhagen, Denmark, 1910 silam.

Konferensi yang dihadiri oleh 100 perempuan dari 17 negara ini mewakili serikat pekerja dan partasi sosialis yang menyepakati peringatan Hari Perempuan Internasional setiap 8 Maret.

Peringatan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran mengenai kesetaraan gender dan memberi apresiasi terhadap pencapaian perempuan di berbagai bidang.

Baca Juga: Hari Perempuan Intenasional, Lihat Lagi Perjuangan Baiq Nuril, Korban Pelecehan Jadi Tersangka

Masih diperingati hingga sekarang, siapakah sosok Clara Zetkin?

Melansir dari Kompas.com, Senin (8/3/2021), Clara Zetkin merupakan seorang juru kampanye yang memperjuangkan hak-hak perempuan dan hak pilih universal.

Zetkin lahir di Sanken, Jerman, 5 Juli 1857 dengan nama asli Clara Eissner.

Ia dilahirkan dari keluarga pemeluk protestan yang taat. Ayahnya, Gottfried Eissner merupakan kepala sekolah, sementara ibunya, Josephine Vitale Eissner, merupakan keturunan terpandang dan terdidik.

Keluarganya sempat bangkrut usai ayahnya meninggal. Meski demikian, ibunya terus mendorong Clara Zetkin untuk menyelesaikan pendidikannya.

Penulis : Fiqih-Rahmawati

Sumber : Kompas TV


TERBARU