> >

KRI Usman Harun TNI AL Tangkap Kapal Ikan Berbendera Taiwan di Laut Natuna Utara

Peristiwa | 23 Januari 2021, 16:35 WIB
KRI Usman Harun-359 saat menangkap dua Kapal Ikan Asing asal Vietnam yang melakukan pencurian ikan atau illegal fishing di Laut Natuna Utara, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (19/9/2020). (Sumber: Dokumen TNI AL)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebuah kapal ikan berbendera Taiwan diamankan dalam patrol rutin TNI AL di Laut Natuna Utara, Jumat (22/1/2021).

Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid menjelaskan saat diamankan kapal berbendera Taiwan tersebut diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Indonesia.

"Saat ini kapal sedang ditarik ke Pangkalan TNI AL Ranai guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujar Abdul Rasyid dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/1/2021).

Baca Juga: KRI Rigel TNI AL Dukung Pencarian Memori CVR untuk Investigasi KNKT

Abdul Rasyid menjelaskan awalnya pada pukul 10.30 WIB KRI Usman Harun (KRI USH-359) mendeteksi kontak asing di Laut Natuna Utara yang merupakan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Kontak tersebut yang dicurigai berasal dari kapal ikan sedang melakukan aktivitas illegal fishing di perairan Indonesia.

Komandan KRI USH-359 Kolonel Laut Binsar Alfred Syaiful Sitorus langsug memerintahkan armada untuk mendekati kapal asing

Saat menyadari kehadiran kapal Indonesia, kapal ikan Taiwan tersebut berusaha menghindar dengan menambah kecepatan.

Baca Juga: Dua Kapal Asing Pencuri Ikan Ditangkap

Komandan KRI USH-359 lalu memerintahkan peran tempur bahaya umum untuk berusaha menghentikan kapal dengan cara memberikan isyarat untuk berhenti. 

Penulis : Johannes-Mangihot

Sumber : Kompas TV


TERBARU