> >

Anggota DPR Soal Usulan Anies: Pusat dan Daerah Harus Satu Komando Tangani Covid-19

Politik | 23 Januari 2021, 11:17 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan mengusulkan koordinasi penanganan Covid-19 se-Jabodetabek dilakukan oleh pemerintah pusat. (Sumber: YOUTUBE/ PEMPROV DKI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penyerahan penanganan Covid-19 se-Jabodetabek ke Pemerintah Pusat menuai berbagai tanggapan.

Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Golkar Ahmad Doli Kurnia ikut mengomentari usulan Anies Baswedan tersebut.

Menurutnya harus ada koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait penanganan penyebaran Covid-19 yang makin melonjak ini.

Baca Juga: Anies Baswedan Disebut Sudah Minta Pemerintah Pusat Ambil Alih Penanganan Covid-19 di Jabodetabek

"Saya kira memang kita sadari, pandemi Covid-19 semakin melonjak. Perlu koordinasi pusat dan daerah. Harus satu komando," kata Doli saat ditemui Jurnalis Kompas TV Leo Taufik di Kompleks Senayan, Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Menurutnya, pemerintah daerah harus mempercayai pemerintah pusat dan mengikuti apa yang diinstruksikan. Karena yang sering terjadi instruksi pemerintah pusat tidak diindahkan oleh kepala daerah.

Sejauh ini, kata Doli, masalah antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah adalah komunikasi dan koordinasi dalam penanganan Covid-19.

"Hindari masalah kepentingan politik tertentu. Fokus menyelamatkan negara saja," tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta pemerintah pusat untuk mengambil alih koordinasi penanganan Covid-19 di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Baca Juga: Anies Usul Pusat Ambil Alih Koordinasi Penanganan Covid-19, Bima Arya: Ini Perlu Diperjelas

Penulis : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU