> >

4 Vitamin untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kesehatan | 8 September 2020, 05:00 WIB
ilustrasi imunitas tubuh (Sumber: everydayhealth.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tubuh memiliki sebuah sistem alami untuk menangkal penyakit baik dari infeksi virus maupun bakteri. Sistem ini dikenal dengan nama imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Meski sistem ini bekerja secara alami, tapi, ada kalanya imunitas tubuh menurun. Jika sudah begitu, penyakit akan dengan mudah menjangkiti tubuh.

Melansir dari Business Insider, vitamin esensial dapat membantu menghasilkan sel kekebalan tubuh seperti antibodi dan sel darah putih dalam jumlah yang cukup. Sel-sel tersebut yang nantinya bekerja dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus maupun bakteri.

Berikut ada empat vitamin penting yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

1. Vitamin B6

Tubuh memerlukan vitamin B6 untuk membuat sel imun yang dapat melawan mikroba berbahaya. Cara kerja vitamin B6 adalah dengan membantu tubuh memproduksi sel-T, sejenis sel kekebalan yang membantu membunuh sel-sel yang terinfeksi dalam tubuh. Tak hanya itu, vitamin B6 juga mengaktifkan respons sistem kekebalan tubuh. 

 

2. Vitamin C

Vitamin C dapat membantu membunuh mikroba berbahaya, termasuk bakteri dan virus seperti flu biasa dan pneumonia. Vitamin C juga meningkatkan produksi sel kekebalan vital tubuh Anda, termasuk sel darah putih dan fagosit, yang merupakan sel yang membunuh bakteri dengan cara menyerapnya.

Mengonsumsi vitamin C setelah masuk angin juga dapat membuat gejala Anda tidak terlalu parah. Kamu perlu konsumsi makanan dengan vitamin C setiap hari, karena tubuh Anda tidak dapat menyimpan vitamin C atau memproduksinya sendiri.

 

Penulis : Dian-Septina

Sumber : Kompas TV


TERBARU