> >

Info Pendaftaran CPNS-PPPK Guru dan Kesehatan 2024, Ini Gambaran Persyaratannya

Tren | 4 Januari 2024, 08:54 WIB
Ilustrasi tenaga kesehatan. Tenaga guru dan kesehatan akan menjadi priortitas rekrutmen CPNS-PPPK 2024 (Sumber: Kompas.com/Freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan formasi guru dan kesehatan akan diprioritaskan dalam rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2024.

Diketahui, rencananya Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengumumkan pendaftaran pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 pada pekan pertama Januari 2024 atau pekan ini.

Selain CPNS, pemerintah juga berencana kembali membuka rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2024.

Menteri Azwar Anas mengatakan pemerintah juga berencana membuka rekrutmen CASN 2024 untuk memenuhi kebutuhan SDM di instansi pemerintah.

Baca Juga: Pemerintah Segera Buka Pendaftaran CPNS 2024, Ini Syarat Berkas yang Perlu Disiapkan

"Pemenuhan ASN Tahun 2024 diprioritaskan pada kebutuhan ASN pada pelayanan dasar yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan," kata Azwar Anas saat membuka Rapat Pimpinan, di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (2/1).

Selanjutnya, lanjut Menpan RB, pemerintah juga berfokus pada penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN atau honorer di instansi pemerintah sesuai mandat UU No. 20/2023 tentang ASN.

Tahun ini, pemerintah membuka ruang lebih luas untuk fresh graduate dan untuk talenta digital.

"Rencananya, Presiden RI Joko Widodo akan mengumumkan pembukaan seleksi ASN 2024. Kebijakan pada 2024 diharapkan mengurangi sedapat mungkin jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital," tutur Anas.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024, Menpan RB Bocorkan Formasi Prioritas yang Paling Dibutuhkan

Persyaratan CPNS 2024 Guru

Penulis : Dian Nita Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU