Kompas TV nasional humaniora

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024, Menpan RB Bocorkan Formasi Prioritas yang Paling Dibutuhkan

Kompas.tv - 3 Januari 2024, 08:47 WIB
pendaftaran-cpns-dan-pppk-2024-menpan-rb-bocorkan-formasi-prioritas-yang-paling-dibutuhkan
Foto ilustrasi. Pengunjung mencoba simulasi Try Out Soal CPNS dan PPPK di Stand BKD Jatim dalam Pameran Inovasi Pelayanan Publik dan Jatim Bureaucracy Fest 2023 di halaman parkir Jawa Timur (Jatim) Park 3 Kota Batu, Jawa Timur, (23/11/2023). (Sumber: Surya/Purwanto)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memberikan bocoran formasi yang diprioritaskan dalam pendaftaran CPNS dan PPPK 2024.

Hal itu diungkapkan oleh Azwar Anas saat memimpin koordinasi persiapan GovTech dan rekrutmen ASN 2024, Selasa (2/1/2024).

Azwar Anas mengatakan, pemerintah berencana membuka rekrutmen CASN 2024 baik CPNS maupun PPPK untuk memenuhi kebutuhan SDM di instansi pemerintah.

Terkait pendaftaran CPNS 2024, ucapnya, diprioritaskan pada kebutuhan ASN pada pelayanan dasar yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan.

Baca Juga: 5 Fakta Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024, Diutamakan Fresh Graduate, Pengumuman Awal Januari

Selanjutnya berfokus pada penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah sesuai mandat UU No. 20/2023 tentang ASN, tahun ini, pemerintah membuka ruang lebih luas untuk fresh graduate.

Selain guru dan tenaga kesehatan, Azwar Anas mengungkapkan pemerintah juga akan membuka kesempatan lebih luas untuk talenta digital.

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo atau akan mengumumkan pembukaan seleksi ASN 2024. Kebijakan pada 2024 diharapkan mengurangi sedapat mungkin jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Lebih lanjut MenPAN-RB juga berpesan kepada jajarannya agar turunan UU No. 20/2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) berupa Rancangan Perpres dapat segera diselesaikan.

Peraturan tersebut nantinya dapat menjadi panduan bagi para ASN serta satu hal lagi yang harus diakselerasi implementasi layanan SPBE Prioritas khususnya juga pada sektor layanan administrasi pemerintah.

Baca Juga: Kapan Pengumuman Kelulusan CPNS 2023? Simak Link dan Jadwal Terbarunya

Sebelumnya, Azwar Anas mengatakan pemerintah juga akan membuka peluang untuk rekrutmen PPPK, termasuk bagi jutaan pegawai yang saat ini masih berstatus honorer.

Pengangkatan honorer menjadi PPPK itu akan diadakan bersamaan dengan pendaftaran CPNS 2024.

"Nanti ada kita akan menyelesaikan yang 1,6 juta PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Ini nanti akan kita beresin. Tentu nanti skenarionya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," ujar dia, Jumat (29/12/2023).

Adapun pengumuman pendaftaran CPNS 2024 rencananya akan diumkan oleh Presiden Jokowi pada pekan pertama Januari 2024.

"Jadi jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini, karena nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama, Presiden akan mengumumkan," kata Azwar Anas.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x