> >

Polusi Udara Jadi Ancaman bagi Anak-Anak, Simak 5 Tips Mencegah Dampak Kualitas Udara yang Buruk

Kesehatan | 14 Agustus 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi polusi udara. Tips mencegah dampak polusi udara pada anak. (Sumber: Antara)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polusi udara di Indonesia, khususnya di Jakarta, kian mengkhawatirkan. Berdasarkan situs pemantau kualitas udara, IQAir, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta mencapai level 153 pada Senin (14/8/2023) pagi dan masuk kategori tidak sehat.

Laporan dari United Nations Children's Fund (UNICEF) berjudul Clear the Air for Children telah menyoroti dampak polusi udara terhadap anak-anak di seluruh dunia. 

Polusi udara bukan hanya masalah kesehatan, tetapi juga mengancam masa depan generasi mendatang. Setiap tahunnya, sekitar 600.000 anak di bawah usia lima tahun kehilangan nyawa akibat polusi udara.

Baca Juga: Dampak Jangka Pendek dan Jangka Panjang dari Polusi Udara, Bisa Sebabkan Kematian Dini

Selain itu, hampir satu dari tujuh anak atau sekitar 300 juta individu tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara melebihi pedoman internasional sebanyak enam kali lipat atau lebih. 

Direktur Eksekutif UNICEF ke-6 Anthony Lake mengatakan bahwa polusi udara memiliki potensi merusak otak anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan. 

“Polutan tidak hanya membahayakan paru-paru anak yang sedang berkembang, mereka benar-benar dapat melewati penghalang darah-otak dan secara permanen merusak otak mereka yang sedang berkembang,” kata Lake, seperti dikutip dari American Association for Respiratory Care.

Masyarakat dunia perlu mengambil tindakan serius untuk melindungi generasi mendatang dari ancaman polusi udara ini. 

Baca Juga: Kualitas Udara Jakarta Terburuk Ketiga Dunia Hari Ini Senin 14 Agustus 2023

Tips Mencegah Dampak Polusi Udara pada Anak

Melansir Molekul, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah dampak polusi udara pada anak. Simak penjelasannya.

1. Pantau AQI

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Iman-Firdaus

Sumber : American Association for Respiratory Care, Molekul


TERBARU