> >

Ternyata Kekurangan APD Jadi Masalah di Seluruh Dunia

Cerita indonesia | 1 April 2020, 15:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah tenaga medis di Indonesia kekurangan alat pelindung diri (APD) saat menangani pasien virus corona. Beberapa rumah sakit terpaksa menggunakan jas hujan untuk dijadikan APD bagi tenaga medis.

Kondisi ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga dihadapi oleh seluruh dunia. Petugas kesehatan AS telah menyuarakan masalah ini di media sosial dengan tagar #GetMePPE. Kampanye ini dilakukan untuk memohon kepada anggota kongres dan wakil presiden agar memberikan APD yang mereka butuhkan.

Di Inggris, dokter mengancam berhenti jika mereka tidak diberikan peralatan perlindungan yang efektif.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO meminta negara-negara anggota G20 untuk bekerja sama dalam memproduksi dan menyuplai alat-alat medis seperti hazmat suit, masker, sarung tangan dan lain lain.

Menurut Direktur Jenderal WHO, Dr. Tedros Ghebreyesus, seluruh dunia harus bersatu dalam menangani wabah ini. Ia juga meminta agar negara-negara di seluruh dunia tidak menutup akses keluar masuk untuk peralatan medis.

"Komitmen dari negara-negara anggota G20 untuk bekerja sama dalam meningkatkan produksi dan melancarkan suplai peralatan medis, menunjukkan dunia tengah berjuang bersama-sama. Bekerja sama adalah pilihan yang kita punya saat ini. Bersatu adalah satu-satunya pilihan yang bisa kita lakukan untuk melawan virus corona," ujar Tedros di Jenewa, Swiss.

Baca Juga: Jokowi Instruksikan Produksi 3 Juta APD Hingga Mei 2020

Penulis : Laura-Elvina

Sumber : Kompas TV


TERBARU