> >

Bertemu Presiden Serbia, Menkumham Yasonna Laoly Perkuat Kerja Sama Bilateral

Kompas dunia | 7 Juli 2020, 23:22 WIB
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly (kiri) bersama Presiden Serbia Aleksandar Vucic (kanan) di Beograd, Selasa (7/7/2020) (Sumber: Dok Kemenkumham RI)

BEOGRAD, KOMPAS.TV - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly
mengatakan, Indonesia berkomitmen untuk memperkuat hubungan dagang bilateral dengan Serbia.

Pernyataan tegas itu disampaikan Menkumham Yasonna dalam pertemuan dengan Presiden Serbia Aleksandar Vucic di Beograd, Selasa (7/7/2020) siang waktu setempat.

Baca Juga: [Full] Penjelasan Sri Mulyani dan Yasonna Laoly di Sidang MK Perppu Covid-19

"Saya menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo mengenai betapa Indonesia sangat mengapresiasi hubungan bilateral antara Indonesia dan Serbia yang terus berkembang secara positif di berbagai sektor, seperti hukum, keamanan, ekonomi, perdagangan, kesehatan, dan pendidikan," ujar Yasonna, dalam pertemuan itu.

Menurut Yasonna, pertemuan itu lanjutan dari pertemuan sebelumnya yang sangat positif.

Saat itu Menteri Luar Negeri bersama Wakil Menteri Kehakiman Serbia, di hari sebelumnya sepakat memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama hukum demi kepentingan masyarakat kedua negara.

"Saya juga menegaskan komitmen Indonesia untuk memperkuat hubungan dagang bilateral yang saling menguntungkan bagi Indonesia dan Serbia," tutur Yasonna melalui keterangan persnya kepada awak media, Selasa.

"Menjelang perayaan 60 Tahun Gerakan Non-Blok, Indonesia berniat mempererat kerja sama dengan negara-negara anggota, khususnya Serbia, dalam bidang ekonomi digital, UMKM, kesehatan, kepemudaan, serta pendidikan," katanya, menegaskan. 

Pada waku yang sama, Presiden Vucic menyampaikan apresiasinya terkait sikap tegas Indonesia dalam isu konflik Kosovo.

"Serbia selalu melihat Indonesia sebagai rekan yang penting. Saya berterima kasih atas posisi Indonesia yang secara prinsip mendukung kedaulatan dan keutuhan wilayah Serbia. Sebaliknya, Serbia juga mendukung setiap tindakan Indonesia dalam upaya melindungi keutuhan wilayah serta kedaulatannya," kata Vucic.

Penulis : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU