> >

Keluar dari Indonesia, Pria Jepang Tertular Virus Corona. Berikut Penjelasan Kemenkes

Kompas dunia | 24 Februari 2020, 19:14 WIB
Petugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung ikut serta dalam latihan dalam menangani pasien Covid-19, di Rumah Sakit Sanglah di Denpasar, Bali, pada 12 Februari 2020. (Sumber: AFP)

KOMPAS.TV - Seorang pria Jepang dilaporkan positif mengidap coronavirus tak lama setelah mengunjungi Indonesia.

Namun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyanggah bahwa pria tersebut tertular virus corona jenis baru (Covid-19) yang sedang mewabah.

Baca Juga: Turis Jepang Positif Virus Corona Setelah 3 Hari Berlibur di Indonesia

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mengatakan bahwa pria Jepang itu terinfeksi corona tipe II (SARS CoV-2).

Informasi tersebut diketahuinya berdasarkan komunikasi antara Kemenkes dengan otoritas kesehatan Jepang.

"Ternyata setelah diperiksa yang bersangkutan tertular virus Corona tipe II (SARS CoV-2). Data ini berdasarkan komunikasi dengan otoritas kesehatan Jepang. Kami hari demi hari kan komunikasi terus ya," ujar Yuri, saat dihubungi pada Senin (24/2/2020), seperti dikutip dari Kompas.com.

Yurianto memastikan bahwa pria berusia 60 tahun tersebut tidak tertular virus corona Covid-19 karena perbedaannya sangat jelas.

"Kalau yang menjadi wabah saat ini kan Covid-19. Sementara itu, ada ahli yang mengatakan perbedaan antara Covid-19 dengan virus SARS CoV-2 itu sampai 70 persen, " jelas Yuri.

Baca Juga: Komisi IX Berikan Apresiasi Tinggi untuk Kemenkes dalam Penanganan Corona

Meski demikian, Yuri menuturkan Kemenkes tetap menelusuri bagaimana korelasi kedua virus ini.

Penulis : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU