Kompas TV internasional kompas dunia

Turis Jepang Positif Virus Corona Setelah 3 Hari Berlibur di Indonesia

Kompas.tv - 23 Februari 2020, 18:28 WIB
turis-jepang-positif-virus-corona-setelah-3-hari-berlibur-di-indonesia
Petugas medis membawa seorang pasien yang terinfeksi virus corona, ke rumah sakit Jinyintan, di Kota Wuhan, China, Sabtu (18/1/2020). (Sumber: AFP/STR/CHINA OUT)
Penulis : Johannes Mangihot

TOKYO, KOMPASTV - Seorang turis asal Jepang dikabarkan positif terjangkit Virus Corona setelah pulang dari Indonesia.

Turis Jepang itu diketahui berjenis kelamin laki-laki berumur 60 tahun-an tersebut datang ke Indonesia pada 15 Februari 2020. Ia merupakan staf perawatan lansia atau panti jompo.

Diberitakan NHK, sebelumnya, pada 12 Februari turis tersebut melakukan cek kesehatan karena merasa mengalami gejala terpapar Virus Corona seperti flu. Namun institusi kesehatan tempat turis cek kesehatan tidak menemukan pasien mengidap pneumonia. Ia pun diperbolehkan pulang. 

Baca Juga: Wabah Corona Landa Italia, 3 Laga Serie A Ditunda

Keesokan harinya turis tersebut menjalani rutinitas seperti biasa, termasuk kembali ke panti jompo tempat dirinya bekerja. Pada 14 Februari turis tersebut berada di rumah dan pada 15 Februari 2020 dilaporkan mengunjungi Indonesia untuk liburan keluarga. Namun dalam laporan tidak dijelaskan tujuan pasti pria itu saat ke Indonesia.

Tiga hari berlibur di Indonesia, turis Jepang tersebut kembali ke negaranya pada 19 Februari 2020 dan mendapat perawatan di rumah sakit karena kesulitan bernafas dengan kondisi serius.

Laporan ini sejalan dengan siaran pers dari Pusat Pengendalian Penyakit Menular Virus Corona Novel Tokyo pada webside pemerintah Kota Tokyo yang menyebutkan seorang warga Tokyo berusia 60-an teruji positif virus corona baru dan awal gejala-gejalanya terjadi pada 12 Februari.

Pernyataan pers itu menegaskan pria tersebut tidak punya riwayat ke China 14 hari sebelum timbul gejala-gejala. Kasus ini adalah kali kedua seseorang teruji positif mengidap Covid-19 sepulangnya dari Indonesia.

Baca Juga: Karantina akan Berakhir, 4 WNI Kapal Diamond Princess Terpapar Corona

Kasus pertama menimpa seorang warga China bermarga Jin pada awal bulan ini, delapan hari setelah mengunjungi Bali.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x