> >

16 November Memperingati Hari Filosofi Sedunia: Begini Sejarah Hingga Cara Memperingatinya

Kompas dunia | 16 November 2023, 05:00 WIB
Ilustrasi orang yang sedang mempelajari kajian Filosofi (Sumber: wirestock on Freepik)

JAKARTA, KOMPAS TV - Hari Filosofi Sedunia, yang jatuh pada Kamis ketiga bulan November setiap tahunnya, merupakan perayaan yang diakui oleh UNESCO sejak tahun 2002. 

Menurut Gramedia.com, filosofi adalah sebuah kajian yang digunakan untuk membangun teori mengenai manusia, serta disajikan sebagai landasan bagi keyakinan.

Disamping itu, filosofi juga memeriksa secara kritis mengenai semua hal yang bisa dijadikan sebagai landasan dari suatu keyakinan dan sikap.

Dikutip dari laman National Today, berikut adalah sejarah Hari Filosofi Sedunia, yang pada tahun 2023 jatuh pada hari ini, Kamis (16/11), bagaimana cara merayakannya, dan pentingnya perayaan ini dalam membentuk pemikiran filosofis masyarakat global.

Sejarah Hari Filosofi Sedunia

Filosofi merambah konsep-konsep seperti eksistensi, pengetahuan, nilai, pikiran, bahasa, dan akal budi, yang berkembang sepanjang sejarah, membentuk dunia saat ini, dan akan membentuk masa depan.

UNESCO secara resmi menetapkan Hari Filosofi Sedunia pada tahun 2005, dengan tujuan mendorong pengembangan pemikiran kritis independen dan meningkatkan pemahaman dunia untuk mendorong perdamaian.

Pada tahun 2007, UNESCO menerbitkan dokumen program dan pertemuan sepanjang 726 halaman dalam enam bahasa (Arab, Cina, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol) mengenai Proklamasi Hari Filosofi Sedunia.

Peluncuran Hari Filosofi Sedunia pada tahun 2005 menekankan bahwa filosofi sangat penting bagi generasi muda, karena mendorong analisis objektif dan evaluasi untuk membuat keputusan.

Baca Juga: UNESCO Tetapkan Sumbu Filosofi Yogyakarta sebagai Warisan Budaya Dunia

Cara Merayakan Hari Filosofi Sedunia

Merayakan Hari Filosofi Sedunia dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti dialog filosofi, debat, konferensi, lokakarya, acara budaya, dan presentasi yang menampilkan tema Hari Filosofi Sedunia untuk tahun tersebut.

Penulis : Almarani Anantar Editor : Gading-Persada

Sumber : Gramedia.com, National Today


TERBARU