Kompas TV nasional politik

Hasto PDIP Sebut Megawati Kantongi 8 Nama yang Digodok Jadi Bakal Calon Gubernur Jakarta

Kompas.tv - 13 Mei 2024, 19:00 WIB
hasto-pdip-sebut-megawati-kantongi-8-nama-yang-digodok-jadi-bakal-calon-gubernur-jakarta
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di KPU RI, Selasa (12/12/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto menyebut, ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri,  sudah mengantongi delapan nama bakal calon gubernur yang akan diusung dalam Pilkada Jakarta 2024. 

Hal itu dikatakan Hasto menanggapi pertanyaan terkait peluang Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk diusung PDIP dalam Pilkada Serentak 2024 mendatang. 

"Banyak nama yang muncul, sudah ada hampir sekitar 8 nama. Dan banyak nama-nama besar yang sudah ada di kantongnya Bu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto kepada wartawan, Senin (13/5/2024).

Baca Juga: PDIP Beri Tugas Baru untuk Ganjar Pranowo: Bantu Pemenangan di Pilkada Serentak 2024

Namun sayangnya, Hasto tak menjelaskan ihwal nama-nama tersebut. Ia pun tak bisa memastikan apakah Sri Mulyani menjadi yang dipertimbangkan Megawati atau tidak. 

"Bu Sri Mulyani levelnya kan nasional dan dunia. Ia menjadi Menteri Keuangan terbaik dan kami sangat bangga," ungkapnya.

Meski begitu, ia mengakui kalau pengalaman bendahara negara itu bisa menjadi dasar bagi kader-kader PDIP untuk memutuskan kebijakan publik di bidang perekonomian.

Hasto menambahkan, partainya tak bisa mengusung calon gubernur tanpa berkoalisi di Pilkada Jakarta. Oleh sebab itu, pihaknya sudah menugaskan kadernya untuk menjalin komunikasi dengan partai lain.

"Dan di Jakarta PDI Perjuangan harus bekerja sama dengan parpol lain. Kami sudah membagi tugas, siapa yang berkomunikasi dengan Gerindra, siapa yang berkomunikasi dengan PAN, Golkar dan sebagainya," kata Hasto.

Sebelumnya, PDIP membuka penjaringan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Ketua Pelaksana Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Provinsi Daerah Khusus Jakarta PDIP Hendra Gunawan menuturkan, penjaringan dibuka mulai 8 Mei 2024.

Baca Juga: Aceng Fikri Kembali Maju Pilkada Garut Jalur Perseorangan

"Pendaftaran bakal calon kepala daerah akan dilakukan pada tanggal 8 Mei 2024 sampai dengan 20 Mei 2024," ujar Hendra dikutip dari keterangan yang diterima, Senin (6/5/2024).


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x