> >

Guru Besar UI Nilai Pemerintah Gamang Tolak atau Terima Israel: Bawa-Bawa Konstitusi Tidak Pas

Kompas dunia | 28 Maret 2023, 15:07 WIB


 

Pengamat Hubungan Internasional Universitas Indonesia Profesor Hikmahanto Juwana. (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Guru Besar Ilmu Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana menyebutkan, maraknya penolakan Israel di Piala Dunia U-20 dengan dalih konstitusi Indonesia dinilainya tidak tepat.

Pemerintah, katanya, juga gamang menentukan apakah berani menolak Israel atau tetap pada pendirian menerima mereka main di Piala Dunia U20. 

"Bawa-bawa konstusi tidak tepat. Tahun kemarin, ada Inter-Parliamentary Union (IPU) di Bali, waktu itu delegaasi Israel hadir. Fadli Zon juga bilang, mereka tidak punya kendali, itu penyelenggaranya IPU," jelasnya Selasa (28/3/2023) di Sapa Pagi Kompas TV. 

Baca Juga: Eks TGIPF Kanjuruhan Tuding PDIP Instruksikan Kader Tolak Israel, Tidak Hanya Ganjar dan Koster

Dengan fakta yang sama, menurutnya, harusnya Israel tetap diperbolehkan datang dan main di Piala Dunia U20 .

"Yang selenggarakan kan punya makanisme. Israel sebagai peserta, harus bertanding. Sebagai tuan rumah, ya harus terima," ucapnya. 

Ia juga menyebut, kini pemerintah dalam kondisi gamang antara menerima dan menolak Israel di tengah gelombang penolakan dan penerimaan yang disebutnya sama-sama besar. 

"Yang pasti gini, pemerintah saat ini mungkin posisi gamang," papar Hikmahanto. 

"Di saitu sisi mau tetap gelar Piala Dunia. Tapi khawatir penolakan terjadi dari kepala daerah, parpol terus kemudian masyarakat," jelasnya.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU