Kompas TV nasional politik

Eks TGIPF Kanjuruhan Tuding PDIP Instruksikan Kader Tolak Israel, Tidak Hanya Ganjar dan Koster

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 14:30 WIB
eks-tgipf-kanjuruhan-tuding-pdip-instruksikan-kader-tolak-israel-tidak-hanya-ganjar-dan-koster
Demo penolakan Timnas Israel bermain di Piala Dunia U20 2023, Senin (20/3/2023) di Jakarta. PDIP disebut Akmal dari SOS intruksikan kader tolak Israel (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali menuding, PDIP menginstruksikan secara menyeluruh para kadernya untuk menolak kedatangan Israel main dan bertanding di Piala Dunia U20 yang digelar di Indonesia. 

Akmal menyebut, dirinya mengaku enggan bicara politik namun dia mendengar langsung dari Sekjen PDIP.

Apalagi, kata Eks Anggota TGIPF (Tim Gabungan Independen Pencari Fakta) Tragedi Kanjuruhan itu,  unsur penolakan Israel di Piala Dunia U20 disinyalir cara PDIP dapat massa dari kelompok Islam jelang pemilu 2024. 

Kata Akmal, PDIP blunder melakuakn itu karena massa dan superter  mendengar langsung 

"Saya sebenarnya antipolitik. tapi memang ada banyak tanda ke sana. saya katakan, ini permainan politik PDI Perjuangan. Kenapa saya bisa katakan itu? Memang saya dengar langsung mulut dari sekjen PDIP," papar Akmal, Selasa (28/3/2023) di Sapa Pagi Kompas TV. 

"Bukan hanya Pak Ganjar dan Wayan Koster, tapi PDIP Jawa Timur, PDIP DKI, dan semua concern semua PDIP tolak Israel," jelasnya. 

Baca Juga: Ini Alasan Ganjar Ikut Tolak Israel Datang di Piala Dunia U20: Amanat Bung Karno Palestina Merdeka

Ia lantas menyebut, ada instruksi dari pimpinan untuk menjalankan politik anti-Israel itu jelang Pemilu 2024. 

"ini ada instruksi dari atas untuk menjalankan politik ini semua. Tujuannya ambil massa islam untuk 2024 ,tapi ini akan jadi blunder besar bagi PDI Perjuangan," jelasnya. 


 

"Bisa jadi hattrick gagal. Karena masa sepakbola, adalah masa rasional," tambahnya. 

ia lantas menyebut, sudah banyak politisi atau pemerintah daerah yang gunakan sepak bola kendaraan politik, akhirnya gagal. 

"Sudah banyak pemda sebagai kendaraan politik, akhirnya gagal. Alex Nurdin di Sumatera Selatn misalnya,  gagal. Ini mau dicoba, jadi blunder besar," jelasnya. 

Baca Juga: Dianggap Jadi Biang Keladi Pembatalan Drawing Piala Dunia U-20, Gubernur Bali Wayan Koster Bela Diri

Efek bagi PDIP

Ia lantas memberi contoh terkini, misalnya, terkait pernyataan kader PDIP yang disebut-sebut jadi capres potensial untuk Pilpres 2024, yakni Ganjar Pranowo yang menyatakan menolak Israel di Piala Dunia U20 dan kini dapat cibiran di media sosial. 

"Sekarang, akun IG Ganjar mengirim berita-berita, habis dihajar oleh masa sepak bola. Mereka nyataka, mereka kecewa, dan tidak akan pilih ganjar jadi presiden. Itu kelihatan sekali, silakan di baca akunnya," jelasnya. 

"Makanya, ini kekeliruan PDI perjuangan," paparnya. 

Ia lantas menyebut, PDIP harus konsisten menolak Israel. Dalam semua hal. 

"Nanti itu di Bali ada World Beach Games yang pesertanya sekitar 100 negara, Israel turut serta. Maka PDIP juga harusnya menolak, jangan sampai standar ganda," pungkasnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x