> >

Polisi Baku Tembak dengan Geng Kriminal di Kawasan Kumuh Brasil, 11 Orang Tewas

Kompas dunia | 24 Maret 2023, 07:15 WIB
Ilustrasi penembakan. (Sumber: Kompas.com)

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.TV - Baku tembak antara polisi dan geng kriminal terjadi di kawasan kumuh atau favela Brasil di Rio de Janeiro.

Salah satu korban tewas adalah terduga pemimpin geng yang aktif di utara Brasil.

Kepolisian sipil mengonfirmasikan bahwa penyerbuan tersebut masih aktif di Komplek Salgueiro di Sao Goncalo, Kamis (23/3/2023).

Dilansir dari TRT World, polisi mengeluarkan pernyataan bahwa tujuan dari penyerbuan tersebut adalah menangkap anggota dari (geng) Comando Vermelho dari negara bagian Para di utara, yang bersembunyi di distrik itu.

Baca Juga: China Dituduh Berusaha Halangi Muslim Uighur untuk Puasa Ramadan, Lakukan Pengawasan dan Penangkapan

Comando Vermelho merupakan salah satu geng kriminal terbesar dan tertua di Brasil, dan fokus utama dari perdagangan narkoba.

Kepolisian mengungkapkan, ketika sampai di favela, kepolisian melakukan serangan kepada para penjahat, yang kemudian memicu baku tembak yang intens.

Gubernur Para, Helder Barbalho di Twitter mengungkapkan kematian dari pemimpin geng.

“Leonardo Araujo yang dikenal sebagai L41, seorang buronan, telah tewas dalam pertempuran dengan agen keamanan,” cuitnya.

“Ia merupakan pemimpin utama dari organisasi besar yang beroperasi di Para, dan juga telah memerintahkan sejumlah serangan di RJ (Rio de Janeiro),” kata Barbalho.

Penulis : Haryo Jati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : TRT World


TERBARU