> >

AS dan Jepang Tingkatkan Hubungan Militer dan Percanggih Kekuatan, Demi Hadapi Ancaman China

Kompas dunia | 12 Januari 2023, 12:54 WIB
Pangkalan militer AS di Okinawa. AS dan Jepang meningkatkan hubungan militer dan mempercanggih kekuatannya untuk menghadapi ancaman China. (Sumber: Kyodo News via AP, File)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat (AS) dan Jepang meningkatkan dan memperkuat hubungan militernya secara signifikan.

Mereka juga mempercanggih kekuatan militernya, termasuk menempatkan unit marinir baru yang disesain dengan intelijen canggih, kemampuan pengawasan dan menembakkan rudal anti-kapal.

Hal itu diungkapkan oleh dua pejabat AS yang telah diberi pengarahan terkait masalah tersebut.

Menteri Luar Negeri AS, Lloyd Austin memberikan keterangan pers bersama dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Hayashi Yoshimasa dan Menteri Pertahanan Jepang, Hamada Yashukazu.

Baca Juga: Iran Bakal Eksekusi Mati Eks Pejabat yang Dituduh Mata-mata Inggris, Tukar Rahasia Negara dengan Ini

Ia mengatakan bahwa Resimen Marinir ke-12, sebuah resimen artileri, akan ditempatkan ulang sebagai Resimen Littoral Marinir ke-12.

“Kami mengganti resimen artileri dengan alat yang lebih mematikan, lebih gesit dan lebih mampu,” tutur ujar Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dikutip dari CNN.

Ia pun menambahkan bahwa langkah tersebut untuk meningkatkan pencegahan yang memungkinkan mempertahankan Jepang dan rakyatnya secara lebih efektif.

Pengumuman tersebut mengirimkan sinyal kuat ke China, yang diyakini sebagai ancaman terhadap Jepang, khususnya terkait permasalahan Pulau Senkaku.

Selain itu juga datang sebagai bagian dari serangkaian inisiatig yang dirancang untuk menggarisbawahi akselerasi yang cepat antara hubungan keamanan dan intelijen antar-negara.

Penulis : Haryo Jati Editor : Gading-Persada

Sumber : CNN


TERBARU