> >

Ini Kekuasaan Luar Biasa Putra Mahkota Arab Saudi MBS Setelah Diangkat Jadi Perdana Menteri

Kompas dunia | 28 September 2022, 13:18 WIB
Mohammed bin Salman Al-Saud, pemimpin kerajaan sekaligus putra mahkota, kini jadi perdana menteri sekaligus Wakil PM dan menteri pertahanan Arab Saudi. (Sumber: Middle East Eye)

DUBAI, KOMPAS.TV — Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman diangkat sebagai perdana menteri pada Selasa (27/9/2022) melalui dekrit kerajaan.

Putra mahkota, yang merupakan pewaris takhta yang dipegang oleh Raja Salman, sudah memegang kekuasaan luas dan dipandang sebagai pemimpin kerajaan sehari-hari.

Keputusan kerajaan yang mengangkatnya sebagai perdana menteri dilaporkan oleh Saudi Press Agency. Dikatakan Raja Salman akan terus memimpin rapat kabinet yang dia hadiri.

Putra mahkota berusia 37 tahun, yang dikenal luas dengan akronim MBS, telah memimpin Visi 2030, rencana luas kerajaan untuk mengubah ekonominya dan mengakhiri ketergantungannya pada minyak.

Dewan Menteri, juga disebut Kabinet, memberi nasihat kepada Raja dan memfasilitasi pembangunan negara. Ini mewakili 22 kementerian pemerintah yang berbeda dan dipimpin setiap minggu oleh Raja atau wakilnya.

Kabinet bertanggung jawab untuk merancang dan mengawasi pelaksanaan kebijakan internal, eksternal, keuangan, ekonomi, pendidikan dan pertahanan serta urusan umum Negara.

Baca Juga: Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed Bin Salman Hubungi Putin, Puas atas Lancarnya Pertukaran Tahanan

Mohammed bin Salman Al-Saud, pemimpin kerajaan sekaligus putra mahkota, kini menjadi perdana menteri sekaligus Wakil PM dan menteri pertahanan Arab Saudi. (Sumber: Arab News)

Kabinet terdiri dari Perdana Menteri (Raja, sekarang Putra Mahkota), Wakil Perdana Menteri (Putra Mahkota, yang saat ini juga Menteri dengan portofolio), 21 menteri lainnya dengan portofolio dan tujuh menteri negara.

Ini adalah otoritas terakhir untuk masalah keuangan, eksekutif dan administrasi.

Resolusinya tidak mengikat kecuali disetujui oleh suara mayoritas. Dalam kasus seri, perdana menteri memberikan suara penentu.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV/Associated Press/Saudi Embassy in USA


TERBARU