> >

Raja Charles III dan Pangeran William Tiba-Tiba Muncul Temui Antrean Pelayat Ratu Elizabeth II

Kompas dunia | 17 September 2022, 20:26 WIB
Raja Charles III dan Pangeran William melakukan kunjungan mendadak untuk menemui dan menyambut antrean rakyat yang melayat jenazah Ratu Elizabeth II di jembatan Lambeth, London. (Sumber: Aaron Chown/PA via AP)

LONDON, KOMPAS.TV — Raja Charles III dan Pangeran William melakukan kunjungan mendadak ke jembatan Lambeth, London, untuk menemui dan menyambut antrean rakyat yang melayat jenazah Ratu Elizabeth II.

Seperti laporan Associated Press, Sabtu (17/9/2022), Raja Charles III dan putranya, Pangeran William, berjabat tangan dan mengucapkan terima kasih kepada para pelayat yang mengantre hingga sepanjang 10 kilometer di dekat Jembatan Lambeth pada hari Sabtu (17/9/2022).

Raja Charles III sebelumnya melakukan beberapa perjalanan dadakan sejak ia menjadi raja pada 8 September, dalam upaya untuk bertemu sebanyak mungkin rakyatnya.

Ribuan orang mengantre untuk melihat peti jenazah sang ratu di Westminster Hall, meski harus menunggu selama 16 jam atau lebih.

Raja Charles III menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bertemu dengan pejabat yang tiba di London untuk menghadiri pemakaman ibunya pada hari Senin.

 

Pada Sabtu pagi, Raja Charles III mengadakan audiensi di Istana Buckingham dengan para pemimpin militer negara itu, yang menyediakan ribuan personel angkatan bersenjata untuk ambil bagian dalam arak-arakan kehormatan pada pemakaman Ratu Elizabeth II, serta membantu mengatur jalan yang penuh sesak dan melakukan tugas seremonial lainnya.

Pada sore hari, raja mengadakan resepsi untuk Gubernur Jenderal Kerajaan, yaitu perwakilan raja di bekas koloni Inggris mulai dari Antigua dan Barbuda hingga Tuvalu.

Dan kemudian pada hari yang sama, Raja Charles III bertemu dengan Perdana Menteri Justin Trudeau dari Kanada, Anthony Albanese dari Australia, Philip Davis dari Bahama, Andrew Holness dari Jamaika dan Jacinda Ardern dari Selandia Baru.

Baca Juga: Momen Raja Charles III Pimpin 3 Adiknya Jaga Peti Mendiang Ratu Elizabeth II di Westminster Hall

Raja Charles III dan Pangeran William melakukan kunjungan mendadak untuk menemui dan menyambut antrean rakyat yang melayat jenazah Ratu Elizabeth II di jembatan Lambeth, London. (Sumber: Aaron Chown/PA via AP)

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV/Associated Press


TERBARU