> >

Seoul Korea Selatan Dilanda Banjir Tewaskan 7 Orang, Pemerintah Beri Peringatan

Kompas dunia | 9 Agustus 2022, 10:06 WIB
Banjir bandang melanda Seoul, Korea Selatan pada Senin (8/8/2022) mengakibatkan 7 orang tewas dan 6 orang hilang. (Sumber: Korea Herald)

SEOUL, KOMPAS.TV - Ibu kota Korea Selatan, Seoul dilanda banjir bandang pada Senin (8/8/2022). Akibatnya, 7 orang tewas dan 6 lainnya masih hilang.

Selain terendam banjir, curah hujan tinggi itu juga mengakibatkan kecelakaan, penurunan tanah, dan pemadaman listrik.

Melansir Korea Herald, di Gwanak-gu, Seoul, tiga orang yang terdiri dari anak usia 13 tahun dan dua orang dewasa berusia 40-an tewas setelah terperangkap di sebuah apartemen semi-basement.

Seorang pegawai kantor distrik berusia 60-an dilaporkan tewas saat membersihkan pohon yang tumbang akibat badai. Penyebab kematian diduga tersengat listrik.

Baca Juga: Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol Pilih Tidak Temui Nancy Pelosi di Seoul, Dianggap Meremehkan

Sementara itu, di Gwangju, Provinsi Gyeonggi, satu orang ditemukan tewas di bawah halte bus yang runtuh, dan satu orang lagi tewas akibat longsor di pinggir jalan.

Di Dongjak-gu, Seoul, satu orang tewas saat hujan deras membanjiri rumahnya.

Curah Hujan Tinggi

Seoul dilanda banjir bandang yang diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi mencapai lebih dari 100 mm per jam.

Hujan deras di Seoul setidaknya memiliki intensitas sebesar 90,5 mm saat pukul 20.00 waktu setempat. Bahkan distrik Dongjak di Seoul selatan mencatat curah hujan sebanyak 137 mm per jam.

Administrasi Meteorologi Korea pun mengeluarkan peringatan untuk beberapa daerah akan mengalami curah hujan 50 hingga 100 mm per jam hingga Senin (8/8/2022) malam.

Penulis : Dian Nita Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Korea Herald


TERBARU