> >

Dilantik Jadi Presiden, Ferdinand Marcos Jr Puji Keberhasilan Sang Ayah Bangun Filipina

Kompas dunia | 30 Juni 2022, 14:54 WIB
Pelantikaan Presiden Filipina terpilih Ferdinand Marcos Jr di Museum Nasional Filipina, Kamis (30/6/2022) (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS. TV – Senator Ferdinand Marcos Junior atau Bongbong Marcos dilantik menjadi Presiden Filipina menggantikan Rodrigo Duterte. Pelantikan digelar di Museum Nasional Filipina, Kamis (30/6/2022).

Mengenakan kemeja putih, Bongbong Marcos menyampaikan pidato pertamanya sebagai presiden setelah dilantik oleh Chief Justice Filipina Alexander Gesmundo. Dalam pidato itu Marcos berkali-kali menekankan pentingnya rakyat Filipina untuk bersatu kembali usai Pemilihan Umum.

Dia menyatakan jika seluruh rakyat Filipina bersatu dan saling mendukung, maka negara itu akan membat kemajuan besar.

“Saya percaya kalau kita fokus kerja besama, kita akan melangkah jauh. Kita akan melangkah jauh bersama daripada saling bertentangan, saling mendukung dan tidak saling menarik mundur,” ujar Ferdinand.

Baca Juga: China Prioritaskan Filipina dalam Diplomasi, Utus Wapres Hadiri Pelantikan Ferdinand Marcos Jr

Dia berharap rakyat Filipina tidak lagi melihat masa lalu, tetapi memandang ke masa depan. Dia pun mengatakan dirinya tidak akan menceritakan masa lalu, tetapi mengajak seluruh rakyat Filipina menyongsong masa depan.

“Kita tidak melihat ke belakang, tapi ke depan,” ungkapnya.

Dalam pidatonya, Presiden Marcos pun menceritakan soal pencapaian ayahnya Marcos senior yang pernah memimpin Filipina.

Baca Juga: Marcos Jr Sahabat Erat China Segera Jadi Presiden Filipina, Sengketa Wilayah Mengintip di Tikungan

Dia menyebut Marcos senior telah membangun jalan dan menyediakan beras lebih banyak daripada pemerintah-pemerintahan sebelumnya sejak Filipina Merdeka pada 1946.

Penulis : Vidi Batlolone Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU