> >

Bertolak ke Rusia dan Ukraina, Jokowi akan Ajak Vladimir Putin Hentikan Perang

Kompas dunia | 26 Juni 2022, 11:32 WIB
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bertolak dari Indonesia ke sejumlah negara, termasuk Ukraina dan Rusia, pada Minggu (26/6/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Preside Joko Widodo atau Jokowi bertolak dari Indonesia ke sejumlah negara, seperti Jerman termasuk Ukraina dan Rusia, pada Minggu (26/6/2022) pagi.

Dalam konferensi pers lawatannya ke sejumlah negara, yang juga disiarkan langsung oleh Kompas TV, Jokowi menyebut dirinya akan bertolak ke Jerman sebelum menuju Ukraina dan Rusia.

“Pagi hari ini saya dan rombongan terbatas akan berangkat atau berkunjung ke beberapa negara,” kata dia salam sesi jumpa pers sebelum keberangkatan.

“Yang pertama akan ke Jerman untuk menghadiri KTT G7, di mana kita di sini adalah sebagai partner country dari G7, juga diundang untuk mengahdiri KTT G7 ini sebagai ketua Presidensi G20.”

Baca Juga: Jokowi Berangkat ke Ukraina dan Rusia: Segera Lakukan Gencatan Senjata dan Hentikan Perang

Di Jerman, Jokowi akan mendorong negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina.

“Di sini kita akan mendorong, mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina,” tegasnya.

“Juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi yang sedang melanda dunia," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Solo itu.

Jokowi mengakui, upaya itu memang tidak mudah, tetapi, kata dia, Indonesia tetap akan terus berupaya.

Selepas kunjungannya ke Jerman, Jokowi akan menuju Ukraina dan bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU