> >

Bicara di Dewan HAM PBB, Mahfud MD: Indonesia Torehkan Kemajuan Besar Pemenuhan HAM

Kompas dunia | 13 Juni 2022, 23:18 WIB
Menko Polhukam RI Mahfud MD saat berbicara dalam sidang reguler Dewan HAM PBB di Jenewa, Swiss, Senin (13/6/2022). (Sumber: UN TV)

JENEWA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan Indonesia telah mencapai kemajuan besar dalam penegakan hak asasi manusia (HAM) selama 20 tahun terkini. 

Hal tersebut disampaikan Mahfud saat berbicara dalam sidang reguler Dewan HAM PBB di Palais des Nations, Jenewa, Swiss, Senin (13/6/2022).

Dalam sidang ini, Mahfud membeberkan rencana Indonesia untuk semakin memenuhi standar HAM internasional.

Ia juga menyatakan bahwa pemerintah berkomitmen dalam penegakan hak asasi manusia.

“Indonesia tetap berkomitmen menegakkan hak asasi untuk semua manusia. Bagi kami, memastikan penghormatan atas hak asasi manusia adalah elemen fundamental demi kelangsungan hidup, persatuan, dan kesejahteraan kami,” kata Mahfud dalam sidang yang disiarkan UN TV tersebut.

Baca Juga: Jawaban Menko Polhukam Terkait Kontroversi Kasus AKBP Brotoseno

Politikus 65 tahun itu menyebut komitmen Indonesia salah satunya dibuktikan dengan pembaruan dan upaya implementasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM).

RANHAM adalah panduan strategis yang berfungsi sebagai acuan pemerintah melaksanakan penghormatan, pemajuan, perlindungan, penegakan, dan pemenuhan HAM (P5 HAM).

Saat ini Indonesia telah merilis RANHAM generasi kelima yang berlaku untuk tahun 2021-2025.

Menurut Mahfud, RANHAM generasi kelima berfokus pada pemenuhan dan perlindungan HAM dengan target kelompok demografi utama perempuan, anak-anak, difabel, dan masyarakat adat.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU