> >

Zelensky Janjikan Kemenangan Rusia di Ukraina Timur Hanya Sementara: Semuanya Bakal Kembali ke Kiev

Krisis rusia ukraina | 22 Mei 2022, 12:34 WIB
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menegaskan kemenangan Rusia di Ukraina timur hanya sementara dan semuanya akan kembali ke Kiev. (Sumber: Ukrainian Presidential Press Office via AP)

KIEV, KOMPAS.TV - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menjanjikan kemenangan Rusia di sejumlah tempat di Ukraina hanya sementara.

Ia pun menegaskan bahwa semua daerah tersebut pada akhirnya akan kembali bersama Kiev, Sabtu (21/5/2022).

Pemimpin Ukraina tersebut mengungkapkan ke stasiun TV lokal bahwa negaranya akan melihat lebih banyak pertempuran berdarah.

Baca Juga: Intelijen AS Pesimistis Putin Bakal Hentikan Serangan ke Ukraina Atau Dilengserkan

“Bagi mereka (Rusia), pendudukan Krimea atau Donbas, hanya untuk sementara. Semua ini akan kembali, karena ini merupakan wilayah kami,” tutur Zelenskyy dilansir dari Sky News.

Krimea telah dianeksasi oleh Rusia sejak 2014 lalu, sedangkan beberapa wilayah Donbas diduduki oleh pemberontak yang didukung Rusia.

Pada kesempatan tersebut, Zelensky mengungkapkan bahwa meskiu pertempuran akan terus berlangsung, namun ia menegaskan diplomasi yang akan menghentikan perang.

“Pada akhirnya semua melewati diplomasi. Perang akan berdarah, akan ada pertempuran, tetapi jelas bakal diakhiri dengan diplomasi,” tutur Zelensky.

“Ada beberapa hal yang bisa diraih dari meja negosiasi. Kami ingin semuanya kembali (seperti sebelumnya,” tambahnya.

Meski begitu, Zelensky mengungkapkan bahwa Rusia tak menginginkan hal itu.

Penulis : Haryo Jati Editor : Purwanto

Sumber : Sky News


TERBARU