> >

Peringatan WHO: Perang di Ukraina akan Membuat Wabah Covid-19 Memburuk

Krisis rusia ukraina | 14 Maret 2022, 09:04 WIB
WHO memperingatkan perang di Ukraina akan membuat wabah Covid-19 memburuk, (Sumber: Associated Press)

JENEWA, KOMPAS.TV - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringatan tentang kekhawatiran perang di Ukraina membuat wabah Covid-19 memburuk.

Pada Minggu (13/3/2022), WHO mengungkapkan akan berusaha semaksimal mungkin untuk membatasi penyebaran penyakit karena virus Corona itu.

Kasus di Ukraina terus menurun dari pekan-pekan sebelumnya, tetapi ada risiko signifikan adanya penyakit dan kematian yang lebih parah karena tingkat vaksinasi yang rendah di Ukraina.

Selain itu ada lebih dari 2 juta orang yang pergi dari meninggalkan negara itu ke daerah sekitarnya, yang juga memiliki tingkat vaksinasi rendah.

Baca Juga: AS Ungkap Rusia Minta Bantuan Militer China untuk Serang Ukraina, Ini Pembelaan Tiongkok

Angka vaksinasi Covid-19 di Ukraina mencapai 34 persen, sedangkan negara tetangganya, Moldova hanya memiliki angka vaksinasi 29 persen.

Berdasarkan laporan WHO, ada 791.021 kasus baru Covid-19 dan 8.012 kematian baru karena Covid-19 antara 3 hingga 9 Maret di Ukraina.

“Sayangnya, virus ini akan mengambil kesempatan untuk terus menyebar,” ujar Pemimpin Teknis Covid-19 WHO, Maria Van Kerkhove dikutip dari CNN.

“Kami sebagai organisasi mengetahui bahwa negara itu berada dalam situasi sulit. Mereka menghadapi beberapa tantangan. Ada banyak pergerakan dan pengungsi yang berhubungan dengan krisis ini,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO, Dr. Mike Ryan mengatakan tak diragukan lagi Covid-19 di Ukraina akan meningkat.

Penulis : Haryo Jati Editor : Purwanto

Sumber : CNN


TERBARU