> >

Putin Nilai Situasi di Perbatasan Ukraina Memburuk, Minta Zelensky Berunding dengan Pemberontak

Kompas dunia | 19 Februari 2022, 11:35 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (18/2/2022) meminta Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berunding dengan kelompok pemberontak setelah situasi di perbatasan Ukraina terus memburuk. (Sumber: Sergei Guneyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin menilai kondisi di perbatasan Ukraina di sebelah timur semakin memburuk.

Ia pun meminta Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berunding dengan kelompok pemberontak yang didukung Rusia.

Komentar itu dikeluarkan Putin, Jumat (18/2/2022), setelah kelompok pemberontak di Donbas mengumumkan evakuasi massal masyarakat sipil ke Rusia.

Mereka melakukan hal itu setelah mengklaim bahwa Ukraina berniat melakukan serangan.

Baca Juga: Biden Yakin Putin Telah Memutuskan akan Serang Ukraina, Bakal Terjadi Beberapa Hari Lagi

Pihak Ukraina sendiri telah membantah tuduhan tersebut.

“Yang dibutuhkan oleh Kiev adalah duduk dalam meja perundingan dengan perwakilan dari Donbas dan menyetujui secara politik, militer dan ekonomi untuk melakukan langkah-langkah demi mengakhiri konflik,” kata Putin dikutip dari The Moscow Times.

“Sayangnya, saat ini kami melihat situasi di Donbas semakin memburuk,” tambahnya, saat memberikan pernyataan berdampingan dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Putin pun menegaskan, ia telah berulangkali mengirim pesan kepada Kiev untuk menjalankan Penjanjian Minsk 2015.

Perjanjian itu merupakan kesepakatan gencatan senjata yang merupakan satu-satunya kerangka kerja untuk mengakhiri perang di Ukraina timur.

Penulis : Haryo Jati Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : The Moscow Times


TERBARU