> >

Kata Din Syamsudin, Rusia dan Dunia Islam Punya Hubungan dan Bisa Kerja Bareng

Kompas dunia | 30 November 2021, 14:26 WIB
Din Syamsudin menyebut Rusia dan Dunia Islam punya hubungan dan bisa kerja sama (Sumber: Kompas.com)

JEDDAH, KOMPAS.TV - Mantan Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin mengemukakan Dunia Islam dan Rusia memiliki hubungan unik dalam sejarah.

Ia juga menyebut, hubungan ini bisa sangat potensial untuk mengembangkan kerja sama yang konstruktif dan inovatif untuk membangun peradaban.

"Rusia dan dunia Islam memiliki hubungan historis sejak masa lampau, sangat potensial untuk mengembangkan kerja sama yang konstruktif dan inovatif," kata Din Syamsuddin melalui seperti dikutip KOMPAS.TV dari Antara, Selasa (30/11).

Pernyataan itu dikemukakan Guru Besar Politik Islam Global FISIP UIN Jakarta itu saat hadir dalam pertemuan Grup Visi Strategis Rusia-Dunia Islam ke-15 di Jeddah, Rabu lalu (24/11).

Din Syamsuddin yang juga menjabat sebagai Chairman of Centre for Dialogue and Cooperation among Civilizations itu lantas menjelaskan lebih lanjut terntang kerja sama Rusia dan Dunia Islam.

Menurutnya, kerja sama Rusia dan Dunia Islam perlu mengedepankan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pilar perkembangan peradaban.

“Pandemi Covid-19 memerlukan perkembangan sistem dunia yang berorientasi pada nilai spiritual dan menekankan tanggung jawab kolektif membangun kehidupan bersama,” tuturnya.

Baca Juga: Ini Kata Muhammadiyah Soal Pelaporan GAR-ITB Din Syamsudin Terlibat Radikalisme

Dunia Islam dan Pujian Din Syamsudin untuk Rusia

Secara khusus Din yang pernah menjadi utusan khusus Presiden RI untuk dialog dan kerja sama antaragama dan peradaban memuji Rusia, khususnya Vladimir Putin.

Ia memuji pendekatan kepemimpinan Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin yang dinilai simpatik terhadap Islam dan umat Islam.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Gading-Persada

Sumber : Antara


TERBARU