> >

Taiwan Kembali Buka Pintu bagi Pekerja Migran selama Sebulan, TKI Diprioritaskan?

Kompas dunia | 5 November 2021, 11:40 WIB
Taiwan akan kembali membuka pintu bagi pekerja migran selama satu bulan dimulai pertengahan November 2021. Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berkemungkinan akan diprioritaskan. (Sumber: CNA Photo/Taiwan News)

TAIPEI, KOMPAS.TV - Taiwan akan kembali membuka pintu bagi pekerja migran selama satu bulan dimulai pertengahan November ini.

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berkemungkinan akan diprioritaskan.

Pada Rabu (3/11/2021), Menteri Kesehatan dan Kepala Pusat Komando Sentral Epidemi (CECC) Taiwan Chen Shih-chung menyatakan telah menyetujui usulan skema yang diajukan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) Taiwan untuk membuka pintu bagi pekerja migran dan akan segera berlaku.

Kamis (4/11), Menteri Tenaga Kerja Taiwan Hsu Ming-chun mengatakan pekerja migran akan diizinkan masuk mulai antara pertengahan dan akhir November ini.

Namun, pintu akan kembali ditutup mulai 14 Desember hingga 14 Februari 2022.

Penutupan tersebut dilakukan untuk memberikan ruang bagi warga Taiwan yang mudik dari luar negeri untuk merayakan Imlek.

Direktur Badan Pengembangan Angkatan Kerja Kemenaker Taiwan Tsai Meng-liang mengatakan lampu hijau yang diberikan Kementerian Kesehatan belum memberikan izin bagi negara mana pun untuk mengirimkan tenaga kerjanya.

Tsai menambahkan, pihaknya akan menggelar pembicaraan dengan Indonesia pekan depan.

Dia mengatakan Indonesia “aktif” berkoordinasi dengan Taiwan mengenai syarat pencegahan epidemi.

Karena itu, kata Tsai, “ada peluang” Taiwan akan membuka pertama kali perbatasannya untuk TKI.

Penulis : Edy A. Putra Editor : Gading-Persada

Sumber : Taiwan News


TERBARU