> >

California Alami Kekeringan Terburuk, Warga Beli Alat yang Bisa Membuat Air dari Udara

Kompas dunia | 7 Oktober 2021, 07:12 WIB
Ted Bowman, penemu alat yang membuat air dari udara, menunjukkan alat tersebut yang digunakan di salah satu rumah warga di California, Amerika Serikat. (Sumber: Associated Press)

BENICIA, KOMPAS.TV — California mengalami kekeringan. Warga yang tinggal di wilayah itu pun membeli alat yang dapat membuat air dari udara.

Alat yang dirancang oleh Ted Bowman ini menggunakan kumparan untuk mendinginkan udara, kemudian mengumpulkan tetesan airnya di sebuah baskom.

“Motto kami adalah; air dari udara bukanlah sihir. Itu adalah sains, dan itulah yang sebenarnya kami lakukan dengan mesin ini,” kata Ted Bowman, insinyur desain di Tsunami Products yang berbasis di negara bagian Washington, Amerika Serikat.

Sistem ini adalah salah satu dari beberapa alat yang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir untuk mengekstrak air dari kelembaban. Penemuan lain di dalam alat ini adalah jaring jala, panel surya dan kontainer yang memanen kelembaban dari udara.

Baca Juga: Menurut Survei University of California, Mayoritas Muslim di AS Alami Islamofobia

Bowman mengatakan, alat ini dibuat untuk digunakan di rumah, kantor, peternakan, dan di tempat lain. Alat ini menghilangkan kelembapan udara dan menciptakan air yang disaring agar dapat diminum.

Teknologi ini bekerja sangat baik di daerah berkabut dan dapat menghasilkan antara 900 sampai 8.600 liter air sehari, tergantung dari ukurannya. Mesin juga beroperasi secara efisien di area dengan kelembaban tinggi, termasuk garis pantai California.

Tapi mesin ini memiliki satu kekurangan, yaitu harganya tidak murah. Satu unit alat ini dibanderol dengan harga mulai dari $AS 30.000 hingga $AS 200.000 (Rp 426 juta hingga Rp 2,8 miliar).

Namun di California yang baru-baru ini mengalami kekeringan terburuk dalam sejarah, beberapa warga sudah membelinya untuk memenuhi kebutuhan air mereka.

Seorang warga Don Johnson mengatakan, dia membeli mesin terkecil yang bentuknya seperti AC yang menjulang tinggi.

Penulis : Tussie Ayu Editor : Fadhilah

Sumber : Associated Press


TERBARU